Kopi Sajang" di PONPES Nurul Ikhlas NW Sajang. Acara ini dirancang untuk membantu kelompok tani dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Sajang dalam memanfaatkan media digital untuk mempromosikan dan memasarkan produk kopi mereka.
Sajang, 24 Juli 2024 – Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pengabdian Masyarakat dan Desa (PMD) Universitas Mataram (UNRAM) sukses menggelar acara Sosialisasi dan Pendampingan dengan tema "Pemanfaatan Media Digital dalam Pemasaran ProdukKegiatan yang dihadiri oleh perwakilan kelompok tani, UMKM, serta pemuda-pemudi desa ini bertujuan untuk mengedukasi peserta tentang cara-cara efektif menggunakan media sosial dan e-commerce. Sosialisasi ini diharapkan dapat membuka peluang baru bagi pelaku usaha lokal untuk mencapai pasar yang lebih luas dan meningkatkan nilai jual produk mereka.
Dalam kesempatan tersebut, Rendi Hartono, salah satu pemateri, menekankan pentingnya branding dan promosi di media sosial. "Di era digital saat ini, semua serba online, dan media sosial merupakan alat yang sangat vital dalam pemasaran. Kita tidak boleh ketinggalan dalam cara-cara pemasaran yang modern ini," ujarnya.
Antusiasme peserta terlihat jelas melalui banyaknya pertanyaan yang diajukan selama sesi tanya jawab. Peserta menunjukkan minat yang tinggi untuk memahami lebih dalam mengenai strategi digital marketing, membuktikan betapa pentingnya inovasi dalam meningkatkan daya saing produk lokal.
Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dorongan bagi kelompok tani dan UMKM untuk memanfaatkan teknologi digital secara optimal dan memperluas jaringan pasar mereka, sekaligus meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Sajang.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H