Untuk memenuhi tantangan menulis 'mystery topic' bertema iklan yang paling berkesan di bulan ramadan, saya bertanya kepada adik-adik saya iklan apa saja yang sedang marak di televisi. Maklumlah sudah beberapa tahun  saya tidak menonton televisi. Berbekal informasi dari adik-adik, saya pun mencari iklan- iklan edisi ramadan di youtube.
Dari beberapa iklan edisi ramadan yang saya tonton di youtube, saya paling suka iklan sabun mandi lifebuoy. Siapa sih yang tidak kenal dengan sabun mandi Lifebuoy? Saya bahkan sudah menggunakan sabun mandi Lifebuoy sejak masih anak-anak dan sampai sekarang pun saya masih setia menggunakan produk sabun mandi Lifebuoy.
Iklan sabun mandi Lifebuoy berani tampil beda diantara ramainya iklan edisi ramadan tahun ini. Kebanyakan iklan edisi ramadan berasal dari produk makanan dan minuman. Lifebuoy sebagai produk sabun mandi mampu memberi pesan ramadan sebagai bulan penuh berkah. Pesan sederhana dan sarat makna.Â
Ada beberapa hal yang menarik dari iklan sabun mandi Lifebuoy:
1. Lagu ' Ramadan Tiba' yang dipopulerkan oleh Opik, mengawali iklan sangat sesuai dengan tema iklan yakni menebarkan kebaikan di bulan ramadan.
2. Tokoh utama dalam iklan diperankan oleh seorang anak SD mengingatkan kita bahwa semua orang mampu melakukan kebaikan tanpa melihat batas usia baik muda maupun tua.
3. Di dalam cerita digambarkan bagaimana tokoh utama rela memakai tabungannya untuk membelikan sepatu baru untuk Pak Diman. Melalui tokoh utama seorang anak SD, yang menunjukkan kepeduliannya kepada Pak Diman kita diajak untuk lebih peka kepada orang- orang disekitar kita.Â
Semoga di bulan yang penuh berkah ini kita semakin termotivasi untuk menebarkan kebaikan kepada orang- orang disekitar kita. Hal - hal kecil yang kita lakukan akan menebarkan wangi di bulan suci ramadan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H