Semarang - Mahasiswa Universitas Diponegoro yang tergabung dalam TIM II Kuliah Kerja Nyata melakukan Sosialisasi Penerapan Digital Marketing dan Penggunaan e Commerce dalam Memasarkan UMKM di wilayah RW 14, Kelurahan Padangsari pada Selasa (02/08). Sosialisasi tersebut diselenggarakan secara door to door.
Siapa yang tidak mengenal istilah “digital marketing”? Istilah tersebut menjadi salah satu istilah yang sedang trending di kalangan masyarakat awam, khususnya para pebisnis, di era digital saat ini. Karena pemasaran digital tidak hanya digunakan oleh perusahaan besar tetapi juga oleh UMKM.
Pandemi COVID-19 yang berlalu telah menghambat konsumsi masyarakat sehingga menyebabkan sektor UMKM di daerah Kelurahan Padangsari, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang mengalami penurunan permintaan. Usaha yang hanya mengandalkan pemasaran melalui kunjungan konsumen dalam jangka panjang akan mengalami kemunduran. Untuk itu, diperlukan digital marketing melalui e commerce dengan memanfaatkan teknologi sebagai media promosi produk yang ditawarkan.
Dengan mensosialisasi digital marketing sebagai strategi baru dalam mengembangkan usahanya memudahkan pelaku UMKM untuk memberikan informasi dan berinteraksi secara langsung dengan konsumen, memperluas pangsa pasar, meningkatkan awareness dan meningkatkan penjualan bagi pelaku UMKM.
Dalam penyampaian materi digital marketing, Bryna menjelaskan bahwa di era sekarang perlunya beradaptasi mengikuti perkembangan jaman menjadi hal yang sangat penting bagi tumbuh kembangnya usaha. Tidak hanya menjadi sebuah keharusan, baginya penerapan digital marketing juga merupakan sebuah kebutuhan. Terlebih lagi dengan adanya kompetitor yang akan selalu berinovasi secara digital.
“Penggunaan sosial media dan e commerce ataupun sejenisnya cukup membantu dalam memberikan informasi dan menambah pelanggan karena pengunjung lebih memilih untuk membeli lewat e commerce dibandingkan harus mampir ke toko,” ujarnya.
Selain itu, Bryna menambahkan bahwa digital marketing mempunyai tujuan utama dapat menjangkau target pelanggan dengan lebih efisien dan efektif melalui media digital yang ada. Dengan begitu, digital marketing diharapkan dapat merangkul konsumen secara lebih cepat, tepat dan luas.
Antusiasme pelaku UMKM di wilayah RW 14 Kelurahan Padangsari terkait penerapan mengenai pentingnya digital marketing di era globalisasi saat ini dimana para pelaku usaha bersaing dalam meningkatkan produk atau jasanya, sehingga kegiatan pemasaran secara digital dijadikan pilihan utama oleh para pelaku UMKM yang mana dapat membantu usahanya berkembang lebih maju kedepannya.
Penulis : Lysandra Bryna H. (Administrasi Bisnis / Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik)
Dosen Pembimbing Lapangan : Rachma Purwanti, S.KM., M.Gizi.
Lokasi KKN : Kelurahan Padangsari, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H