Karawang, 7 Januari 2024 - Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Singaperbangsa Karawang tahun 2024 telah berhasil melaksanakan proyek sosialisasi inovatif di Desa Cigunungsari. Program kerja yang diberi nama "DigiCraft Desa" sukses menghadirkan revolusi digital dalam pemasaran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sekaligus membawa angin segar melalui revolusi desain kemasan. Kegiatan ini dilaksanakan di Majelis Nurul Ilmi Desa Cigunungsari dengan dihadiri sepuluh pemilik UMKM dan Kelompok Wanita Tani (KWT).Â
Pemasaran UMKM Melalui Media Digital
Desa Cigunungsari memiliki potensi UMKM yang besar, adapun kekayaan alam seperti tanaman pisang dan budidaya jamur menjadi salah satu produk andalah di desa ini. Namun sayangnya selama ini terkendala oleh keterbatasan akses pasar di era teknologi. Melalui DigiCraft Desa, mahasiswa KKN berkolaborasi dengan pelaku UMKM setempat serta Kelompok Wanita Tani (KWT) untuk menerapkan strategi pemasaran digital dan revolusi desain kemasan. Berikut beberapa langkah yang diambil oleh kelompok ini:
1. Sosialisasi pemanfaatan E-Commerce:
DigiCraft Desa berhasil mensosialisasikan cara pembuatan situs web dan platform e-commerce untuk memajukan produk-produk lokal. Hal ini memungkinkan UMKM Desa Cigunungsari untuk mencapai pasar yang lebih luas, termasuk di luar wilayah geografis mereka.
2. Sosial Strategi Marketing:
Strategi pemasaran melalui media sosial digunakan untuk meningkatkan visibilitas dan interaksi dengan pelanggan. Mahasiswa memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM tentang pengelolaan media sosial dan kreativitas dalam membuat konten menarik.
3. Sosialisasi Platform:
DigiCraft Desa mengadakan sosialisasi pada UMKM tentang teknik-teknik pemasaran digital dan penggunaan platform e-commerce. Ini membantu meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam berbisnis secara digital terutama sasaran pemanfaatan E-Commerce serta media sosial TikTok.
Â