Mohon tunggu...
Lwrnsia Viviane
Lwrnsia Viviane Mohon Tunggu... Lainnya - Viviane

Laurensia Viviane

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Perbedaan SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing) dalam Jurnalistik

11 Oktober 2020   07:40 Diperbarui: 11 Oktober 2020   07:46 159
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

SEO(Search Engine Optimization) menurut Ledford dalam Artanto (2017) merupakan teknik dengan menggunakan kata kunci dalam mencari sesuatu yang terkandung dalam halaman web, informasi tersebut yang akan ditunjukkan oleh mesin pencarian. Dengan kata lain SEO (Search Engine Optimization) adalah ketika orang searching di pencarian, konten yang diinginkan akan muncul di list teratas.

SEO(Search Engine Optimization) juga berkaitan dengan strategi mendesain menulis dan coding untuk memaksimalkan sebuah halaman/ web untuk tampil di search engine dengan kata kunci tertentu.

Tujuan SEO adalah agar web selalu ada di halaman atas dan terdepan dalam suatu mesin pencarian sehingga kemungkinan untuk dikunjungi oleh banyak orang. SEO memiliki sifat organik yang berarti tidak dibua-buat.

Apa pentingnya strategi SEO(Search Engine Optimization):
Ketika seorang google, maka ada dua peluang yang akan muncul, akankan mereka akan menemukan konten anda / malah mendapatkan media kompetitor.( Arnie kuenn and Michael Schwartz 2010)

terdapat teknik yang digunakan dalam SEO(Search Engine Optimization):

1. SEO On Page: merupakan teknik yang dikonsentrasikan untuk optimasi pada internal website.

2. SEO Off Page: metode ini berkaitan dengan backlink( link dari web lain ke web yang dimaksut). backlink diibaratkan rekomendasi karena semakin banyak yang merekomendasikan maka akan semakin besar peluang untuk mendapatkan perhatian dari search engine.  

Terdapat SEO piramid:

terdapat tips and trick:

- level 1: content and meaning
 berkaitan dengan konten yang kelihatan, headline dan subjudul lain , penggunaan bold dan italic , link table dan list.

- level 2: context
berkaitan dengan konten yang tidak kelihatan, url, tags, tags dan kategori, lokasi dan kebaharuan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun