Mohon tunggu...
Luthfi Khairullah
Luthfi Khairullah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta

Saya gemar berolahraga, olahraga yang saya gemari yaitu basket, renang, dan badminton. Selain berolahraga, saya juga gemar menulis dan membaca.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penerapan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari

14 Desember 2023   23:28 Diperbarui: 14 Desember 2023   23:54 55
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Penerapan Pancasila Sebagai Nilai Etika Dalam Kehidupan.

Jam 04.15 adalah waktu biasa saya terbangun dari tidur. Jika ditanya alasannya, alasannya agar saya bisa melaksanakan salat subuh berjamaah hal itu juga menjadi bentuk implementasi saya pada sila pertama. Sebelum saya salat subuh berjamaah, hal yang pertama saya lakukan adalah bersih-bersih terkhususnya gosok gigi, alasan saya selain untuk menjaga kesehatan, saya juga tidak ingin mengganggu salat orang lain karena bau mulut saya, ini menjadi bentuk implementasi saya pada sila kedua. Setelah salat biasa saya melanjutkan tidur dan kembali bangun di jam 06.00, kemudian membantu kedua orangtua untuk membuang sampah dan ini menjadi bentuk implementasi dari saya pada penerapan nilai-nilai pancasila yaitu tolong-menolong antara sesama. Dilanjut dengan bersih-bersih dan bersiap untuk pergi ke kampus.

Perjalanan menuju kampus sangat menguras bahan bakar kendaraan saya, pengisian bensin biasa saya lakukan dipertengahan jalan. Saat antri untuk mengisi bensin, hal yang saya lakukan adalah mematikan kendaraan saya, alasan saya agar orang yang mengantri dibelakang saya tidak terganggu dan ketika dalam pengisian bensin, saya terbiasa untuk turun dari kendaraan, lagi-lagi untuk menghormati sesama, secara tidak langsung saya telah mengimplementasikan pancasila pada sila kedua. Sesampainya saya dikampus Prodi IKOM biasa melakukan pembelajaran secara digabung kelas A dan B dalam satu ruangan oleh karena itu diharapkan untuk masing-masing individu untuk merapikan kursinya ke dalam dinding karena pembelajaran akan dilakukan secara lesehan. Ketika saya mendapati teman saya belum datang maka inisiatif yang saya lakukan degan merapikan kursi teman-teman saya, dengan ini saya telah mengimplementasikan penerapan pancasila yaitu menempatkan persatuan diatas kepentingan pribadi.

Setelah selesai kuliah saya lanjut untuk pulang kerumah. Sesampainya dirumah saya langsung melakukan  bersih-bersih,dilanjut dengan salat, makan malam, dan mengajarkan adik belajar, walaupun sebetulnya saya masih memiliki tugas kuliah tetapi tetap saya luangkan 15 menit untuk membantu adik dengan itu saya mengimplementasikan pancasila yaitu tentang nilai tolong menolong. Selanjutnya dilanjut dengan istirahat malam. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun