Mohon tunggu...
Luthfiah Almubarokah
Luthfiah Almubarokah Mohon Tunggu... Guru - Guru Bahasa Arab

Guru bahasa Arab adalah seorang pendidik yang bertugas untuk mengajarkan bahasa Arab, mencakup keterampilan berbahasa seperti mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis, serta pemahaman tata bahasa (nahwu dan sharaf) dan kosa kata bahasa Arab.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Konsep Dasar Psikologi Organisasi dalam Pengembangan Manajemen

12 November 2024   06:44 Diperbarui: 12 November 2024   14:49 65
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Konsep Dasar Psikologi Organisasi dalam Pengembangan Manajemen/researchgate.net/

Pendahuluan

Di abad ke-21, pendidikan mengalami berbagai perubahan yang signifikan, terutama dalam konteks manajemen pendidikan. Penerapan konsep dasar psikologi organisasi menjadi sangat relevan dalam membantu lembaga pendidikan merespons tuntutan zaman yang semakin kompleks dan dinamis. Psikologi organisasi tidak hanya berfokus pada perilaku individu dalam lingkungan kerja, tetapi juga mencakup cara individu berinteraksi dalam kelompok, membangun ikatan dengan organisasi, serta meningkatkan kinerja secara keseluruhan.Dalam konteks pendidikan, psikologi organisasi memiliki peran besar dalam membantu manajemen untuk menciptakan lingkungan belajar yang produktif, mendukung pengembangan karier, dan memperkuat kepuasan serta keterlibatan tenaga pendidik.

Peratama: Di abad ke-21, pendidikan dihadapkan pada berbagai tantangan global, seperti perkembangan teknologi, diversitas peserta didik, dan tuntutan akan kemampuan berpikir kritis. 

Oleh karena itu, tenaga pendidik tidak hanya perlu memiliki kompetensi teknis, tetapi juga keterampilan interpersonal yang baik. Psikologi organisasi dapat memberikan landasan bagi manajemen pendidikan untuk menerapkan strategi pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang mampu merespons kebutuhan zaman dan mendukung pencapaian tujuan pendidikan secara efektif.

Kedua: Konsep dasar psikologi organisasi sangat berguna dalam membangun lingkungan kerja yang mendukung kolaborasi dan inovasi. Lingkungan kerja yang baik memungkinkan tenaga pendidik dan staf untuk bekerja sama dalam tim, berbagi ide, dan mengembangkan metode pembelajaran yang kreatif. Dalam psikologi organisasi, konsep kepuasan kerja dan keterlibatan emosional berperan penting dalam meningkatkan motivasi individu dan semangat

Ketiga: Manajemen stres dan kepuasan kerja adalah dua faktor penting dalam psikologi organisasi yang berdampak langsung pada kualitas pengajaran dan retensi tenaga pendidik. Di era modern, tuntutan pekerjaan guru dan tenaga kependidikan semakin meningkat, baik dari segi kompleksitas kurikulum, kebutuhan administratif, maupun interaksi sosial yang intens. Jika manajemen tidak memberikan dukungan yang memadai, stres kerja bisa menjadi faktor yang mengurangi produktivitas dan menghambat performa tenaga pendidik.

Keempat: Psikologi organisasi juga menekankan pentingnya gaya kepemimpinan yang adaptif dalam mendorong kemajuan pendidikan. Salah satu gaya kepemimpinan yang efektif di abad ke-21 adalah kepemimpinan transformatif. Pemimpin yang transformatif tidak hanya berfokus pada hasil, tetapi juga membangun hubungan yang kuat dengan anggota tim, memberikan inspirasi, serta menjadi teladan bagi tenaga pendidik lainnya.

Kesimpulan: Di era pendidikan abad ke-21 yang kompleks dan dinamis, penerapan konsep dasar psikologi organisasi dalam manajemen pendidikan menjadi sangat penting. Psikologi organisasi tidak hanya membantu dalam pengembangan SDM, tetapi juga membangun lingkungan kerja yang mendukung kolaborasi, inovasi, dan kepuasan kerja. 

Dengan memahami konsep-konsep psikologi organisasi, manajemen pendidikan dapat menciptakan sistem yang lebih efektif, mengurangi stres, meningkatkan keterlibatan, serta memperkuat komitmen dan loyalitas tenaga pendidik.

*) - Tulisan ini dikembangkan dari bahan ajar mata kuliah psikologi organisasi part 2 Dosen Pengampu Prof. Drs. H. A. Rusdiana, M.M

    - Cv: Luthfiah Al Mubarokah. Lahir di Tangerang, tanggal 03 September 1997,  Pendidikan: MI Al-Fitroh lulus tahun 2009, Mts Al-Fitroh lulus tahun 2012, MAN 2 Kota Tangerang tahun 2015, Pendidikan Bahasa Arab 2022, dan sekarang kuliah di UIN SGD BDG Jurusan MPI, Lulus Tes Masuk UIN melalui Jalur Mandiri. Motivasi masuk ke UIN SGD jurusan MPI:  Mengembangkan pendidikan berbasis nilai-nilai islam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun