Mohon tunggu...
luthfi hadiansyah
luthfi hadiansyah Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa UPI

Mahasiswa Pendidikan Sosiologi 18 FPIPS Universitas Pendidikan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Strategi pembelajaran PAUD Cempaka Pakuan Bandung di Masa Pandemi Covid-19

26 Juli 2021   16:00 Diperbarui: 26 Juli 2021   16:04 201
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dengan adanya pandemi Covid-19 Semua aktivitas terganggu karena terbatasnya aktivitas yag dapat dilakukan oleh masyarakt guna memutuskan rantai Covid-19, Pendidikan yang merupakan salah satu yang terdampak dengan adanya Covid-19 karena dengan adanya Covid-19 Pendidikan di indonesia mengutamakan pembelajaran secara daring atau online dirumah. ini merupakan salah satu faktor yang membuat anak merasa bosan terlebih lagi anak usia dini yang seharusnya pada usia ini anak bermain bersama teman-temannya disekolah PAUD bersama teman sebaya dan guru tetapi terhalang oleh Covid-19. berdasarkan hasil wawancara kepada guru pembelajaran secara daring tidak maksimal karena dengan pembelajaran daring anak sulit untuk diawasi dan karena pada usia yang dini sehingga sulit untuk guru memberikan pembelajaran secara daring dan juga terkadang ketika orang anak diberikan tugas terkadang anak tidak melakukan tugas atau orang tua yang tidak mengumpulkan tugas.

Hasil wawancara kepada orang tua peserta didik, orang tua merasa kesulitan dalam memberikan pembelajaran dirumah karena anak terkadang menolak karena ingin belajar disekolah bersama teman temannya dna bersama ibu guru, di rumah juga anak terkadang sulit untuk diajak belajar karena menonton televisi dan sibuk bermain smart phone sehingga orang tua kesulitan dalam memberikan pembelajaran dirumah. 

Seperti hasil dari beberapa wawancara kepada orang tua murid "kendala yg saya rasakan anak jd kurang excited ketika belajar di rmh krn dia gak ketemu dan belajar bareng teman2nya..beda ketika dia belajar di sekolah si anak lbh semangat dan lbh kompetitif..alhasil hrs ada drama dulu dgn ibunya klo mau belajar di rmh krn dgn keterbatasan juga seorang ibu dgn ilmunya yg pasti beda dgn guru2 di sekolah dlm mengajar jadinya hrs ekstra sabar" dan juga "Kendala dr pjj adalah ketika mood anak berbeda2 setiap hari nya,,tentu belajar d rmh anak2 cpt ngerasa boring,,jenuh ,,tertekan,,dan keterbatasan org tua yg pst beda cara mendidik nya dgn guru...beda halnya sama belajar d sklh dgn suasana yg lbh fresh lbh semangat krn bs ketemu lngsng dgn guru2 & teman2,,,krn d paud ini kan anak2 belajar proses (proses bersosialisasi,,proses belajar,,proses motorik nya dll ),,bkn cm sekedar mengejar nilai angka.....jd tentu nya peran guru sangat penting... " 

dengan adanya berbagai masalah yang dihadapi oleh orang tua murid saya membuat dan mendesain model pembelajaran secara daing yang cocok untuk anak pendidikan usia dini yaitu dengan menggunakan aplikasi yang saya rekomendasikan kepada orang tua murid dan guru paud Cempaka Pakuan Bandung yaitu aplikasi "aplikasi Belajar TK dan PAUD Lengkap " Solite kids.

aplikasi ini sangat saya sarankan dalam pembelajaran PAUD dan TK karena dengan aplikasi ini berbagai macam fitur dan pelajaran yang dapat dilakukan oleh anak sehingga anak tidak mudah bosan. seperti ada aplikasi belajar yang terdiri dari belajar menghitung, bernyanyi, mengetahui warna dan bentuk,  mewarnai, menulis angka,  dll. dan juga ada games yang membuat anak tidak bosan dalam pembelajaran daring karena mempunyai berbagai macam warna. 

hasil dari model pembelajaran yang buat buat membuat orang tua murid dan guru merespon positif bahkan beebrapa orang tua murid dan  mereka berpendapat aplikasi yang saya rekomendasikan sangat membantu dalam pembelajaran daring. seperti beberapa ucapan terima kasih dari orang tua murid "Aplikasinya sangat bagus dan membantu terima kasih " dan  "Alhamdullilah anak-anak semangat" dan "terima kasih pak aplikasi nya sangat membantu"

dengan mendesain dan membuat model pembelajaran yang tepat pada anak akan berdampak pada semangat dalam belajar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun