Oleh : Siti Lutfiyah.M.Pd
Calon Guru Penggerak Angkatan 9 SMKN 1 Brebes
Â
1. LATAR BELAKANG
Pernyataan Ki Hadjar Dewantara tentang tujuan pendidikan yaitu guru perlu membangun komunitas di sekolah untuk menyiapkan murid di masa depan agar menjadi manusia berdaya tidak hanya untuk pribadi tapi berdampak pada masyarakat. Adapun karakter yang diharapkan menjadi manusia dan anggota masyarakat untuk mencapai keselamatan dan kebahagiaan seperti tujuan pendidikan nasional kita dalam profil pelajar pancasila yaitu Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak mulia, Berkebhinekaan Global, Mandiri, Kreatif, Bernalar Kritis, Berkolaboratif.
Sejalan dengan tujuan profil pelajar Pancasila tentunya sekolah adalah salah satu harapan besar untuk menciptakan generasi yang akan datang. Tentu usaha dan pembiasaan di sekolah harus mendukung penuh pencapaian itu. Salah satunya yaitu siswa harus memiliki budaya yang positif dan itu diterapkan sejak dini.
Sekolah idealnya menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi murid. Hal ini sejalan dengan filosofi pemikiran Ki Hajar Dewantara yaitu pembelajaran di sekolah harus dapat membawa murid memperoleh kebahagiaan setinggi-tingginya melalui merdeka belajar
Budaya positif di sekolah ialah nilai-nilai, keyakinan-keyakinan, dan kebiasaan- kebiasaan di sekolah yang berpihak pada murid agar murid dapat berkembang menjadi pribadi yang kritis, penuh hormat dan bertanggung jawab. Sekolah sebagai institusi pembentukan karakter pada anak menjadi peluang bagi sekolah terutama guru sebagai pendidik dalam membangun budaya positif di sekolah
Salah satu cara yang dapat dilakukan dengan membangun budaya positif. Budaya positif di sekolah dapat dibangun dengan membentuk keyakinan kelas dan menerapkan segitiga restitusi. Dengan adanya keyakinan kelas yang disusun Bersama antara guru dan murid, maka semua akan mengupayakan untuk menjalankannya sebagai Langkah awal membangun budaya positif di sekolah. Dan dengan penerapan segitiga restitusi dapat membimbing murid berdisiplin positif agar menjadi murid merdeka.
2. Tujuan
a. Menumbuhkan nilai -- nilai Profil pelajar pancasila pada diri peserta didik dalam proses pembelajaran