Mohon tunggu...
Lutfi Dwy
Lutfi Dwy Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Seorang mahasiswa yang sedang mencari makna ketenangan dalam hidup.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Penggunaan Teknologi Augmenet Reality (AR) dalam Pembelajaran Sains di Sekolah Menengah

13 November 2024   13:15 Diperbarui: 13 November 2024   13:23 30
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Penggunaan teknologi Augmented Reality (AR) dalam pembelajaran sains di sekolah menengah telah menjadi topik yang menarik perhatian banyak pendidik dan peneliti. Dengan menggabungkan elemen digital dengan dunia nyata, AR memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menarik bagi siswa. Augmented Reality adalah teknologi yang memungkinkan pengguna untuk melihat objek digital yang disisipkan ke dalam dunia nyata melalui perangkat seperti smartphone atau tablet. Menurut penelitian oleh Kuswinardi et al. (2023), AR dapat meningkatkan keterlibatan siswa dengan menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan interaktif. Dengan AR, siswa tidak hanya belajar dari buku teks, tetapi juga dapat "melihat" dan "berinteraksi" dengan konsep-konsep ilmiah secara langsung.

Salah satu manfaat utama penggunaan AR dalam pembelajaran sains adalah peningkatan keterlibatan siswa. Penelitian menunjukkan bahwa siswa yang belajar menggunakan AR cenderung lebih aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran dibandingkan dengan metode konvensional. Hal ini sejalan dengan pendapat Dr. Sutanto, seorang ahli pendidikan, yang menyatakan bahwa "AR memberikan cara baru untuk menarik perhatian siswa, terutama di era digital saat ini". AR memungkinkan visualisasi konsep-konsep ilmiah yang sulit dipahami oleh siswa, seperti struktur sel atau sistem tata surya. Dengan menggunakan aplikasi AR, siswa dapat melihat model tiga dimensi dari objek-objek tersebut, sehingga membantu mereka memahami materi dengan lebih baik. Ini sangat penting dalam pendidikan sains, di mana banyak konsep abstrak yang perlu dipahami secara konkret.Teknologi AR juga mendukung pembelajaran berbasis proyek, di mana siswa dapat bekerja sama untuk menciptakan presentasi atau eksperimen virtual. Hal ini tidak hanya meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi tetapi juga mengembangkan keterampilan kolaboratif dan komunikasi. Menurut Dr. Aisyah, "Pembelajaran berbasis proyek dengan AR mendorong siswa untuk lebih kreatif dan inovatif".

Dalam bidang sains, AR dapat digunakan untuk melakukan simulasi eksperimen tanpa risiko fisik. Misalnya, siswa dapat melakukan eksperimen kimia secara virtual yang memungkinkan mereka untuk memahami prosedur dan hasilnya tanpa harus menghadapi bahaya nyata. Ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar dari kesalahan dalam lingkungan yang aman.Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan AR dalam pembelajaran sains tidak hanya meningkatkan keterlibatan tetapi juga pemahaman materi pelajaran. Siswa yang belajar dengan bantuan AR menunjukkan hasil yang lebih baik dalam tes pemahaman dibandingkan dengan mereka yang menggunakan metode tradisional. Ini menunjukkan bahwa AR efektif dalam membantu siswa memahami konsep-konsep sulit. Meskipun banyak manfaatnya, implementasi AR dalam pendidikan juga menghadapi berbagai tantangan. Salah satu kendala utama adalah infrastruktur teknologi yang belum memadai di banyak sekolah. Tanpa perangkat keras dan perangkat lunak yang tepat, potensi penuh teknologi ini tidak dapat dimanfaatkan. Selain infrastruktur, pelatihan guru juga merupakan faktor penting dalam keberhasilan penggunaan AR di kelas. Guru perlu dilatih untuk menggunakan teknologi ini secara efektif agar dapat memaksimalkan manfaatnya bagi siswa. Dr. Poppy Yaniawati berpendapat bahwa "Tanpa pelatihan yang tepat, guru mungkin tidak merasa percaya diri untuk menerapkan teknologi baru ini".

AR menciptakan pengalaman belajar yang imersif, memungkinkan siswa untuk "masuk" ke dalam materi pelajaran mereka. Misalnya, saat mempelajari biologi, siswa dapat menjelajahi bagian-bagian tubuh manusia secara virtual atau melihat proses fotosintesis berlangsung di depan mata mereka. Pengalaman ini membuat pembelajaran menjadi lebih hidup dan relevan. Penggunaan AR juga telah terbukti meningkatkan retensi informasi siswa. Dengan pengalaman visual dan interaktif yang ditawarkan oleh AR, siswa cenderung mengingat informasi lebih lama dibandingkan dengan metode pembelajaran tradisional. Ini menunjukkan bahwa pendekatan berbasis teknologi dapat memperkuat proses pembelajaran. Ke depan, penggunaan teknologi AR dalam pendidikan sains diperkirakan akan semakin meluas seiring dengan kemajuan teknologi dan peningkatan aksesibilitas perangkat keras di sekolah-sekolah. Penulis percaya bahwa investasi dalam teknologi pendidikan seperti AR akan membawa dampak positif bagi kualitas pendidikan di Indonesia.

Secara keseluruhan, penggunaan Augmented Reality dalam pembelajaran sains di sekolah menengah menawarkan banyak manfaat potensial, termasuk peningkatan keterlibatan siswa, pemahaman materi yang lebih baik, dan pengalaman belajar yang imersif. Namun, tantangan seperti infrastruktur dan pelatihan guru perlu diatasi agar potensi penuh teknologi ini dapat dimanfaatkan secara optimal. Dengan pendekatan yang tepat, AR dapat menjadi alat yang sangat berharga dalam menciptakan generasi pelajar yang lebih cerdas dan inovatif.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun