Mohon tunggu...
Lutfi Bayu Abadi
Lutfi Bayu Abadi Mohon Tunggu... Human Resources - Pemuda bahagia

Banyak banyak bersyukur. Banyak banyak makasih.:)

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Surabaya Masa Depan Karirku

21 Desember 2020   17:43 Diperbarui: 21 Desember 2020   17:51 124
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Motivasi saya memilih kuliah di Kota Surabaya

Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan sedikit cerita mengenai motivasi saya memilih untuk berkuliah di Surabaya. Secara umum motivasi merupakan sebuah dorongan dari dalam diri seseorang untuk mencapai suatu cita-cita atau  tujuan tertentu. 

Dengan adanya motivasi, seseorang akan berusaha untuk mewujudkan tujuan yang dimilikinya. Motivasi sendiri terdiri atas 2 jenis yaitu motivasi intrinsic dan ekstrinsik,motivasi instrinsik sendiri merupakan motivasi yang muncul dari dalam diri kita masing-masing,sedangkan motivasi  ekstrinsik merupakan motivasi yang datang dari orang lain atau yang bersumber dari orang lain. 

Tentu saja motivasi ini memiliki berbagai teori yang menjelaskan mengenai motivasi yang dimiliki oleh setiap orang,sebagai contoh adalah teori motivasi yang dikemukakan oleh Mc Clelland,yang menjelaskan bahwa setiap manusia memiliki 3 jenis motivator,yaitu prestasi,afiliasi,dan kekuasaan. 

Ketiga hal tersebut sudah pasti dimiliki oleh setiap orang,seperti contoh kita sebagai mahasiswa pasti memiliki semangat untuk belajar dan menginginkan nilai yang baik dalam suatu mata kuliah,hal itu merupakan salah satu contoh dari motivasi prestasi karena kita berusaha untuk mencapai suatu tujuan tertentu yaitu nilai yang bagus atau suatu prestasi. 

Selain menginginkan sebuah prestasi pasti kita semua memiliki keinginan untuk berhubungan baik dengan orang lain atau bisa disebut dengan afiliasi,karena kita semua adalah makhluk social yang pastinya membutuhkan bantuan orang lain. Tanpa kita sadari hal tersebut merupakan sebuah motivasi yang timbul dari dalam diri kita dan pasti dimiliki oleh setiap orang.  

Dalam prakteknya sebagai contoh adalah motivasi saya untuk memilih berkuliah di Surabaya. Surabaya atau yang sering dijuluki sebagai kota pahlawan merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta,dengan populasi penduduk sekitar 3 juta orang. 

Kota Surabaya adalah ibu kota provinsi Jawa Timur. Dijuluki sebagai kota pahlawan karena Surabaya memiliki peran yang sangat penting saat memperjuangkan kemerdekaan melawan penjajah. 

Nama Surabaya berasal dari kata Sura dan Baya,dalam bahasa jawa Sura atau suro ini memiliki arti hiu dan baya atau boyo memiliki arti buaya. Mitosnya,dua hewan ini merupakan binatang yang paling kuat dan dua hewan ini menjadi simbol kota Surabaya hingga saat ini.  

Motivasi saya kuliah di Surabaya yaitu di STIAMAK  adalah saya ingin mempelajari ilmu yang berbeda yaitu mengenai kepelabuhanan karena Surabaya merupakan pelabuhan utama dan pusat perdagangan komersial di wilayah timur Indonesia.  Dari berbagai macam kampus yang ada di Surabaya saya memilih kampus STIAMAK karena saya berkeinginan untuk bekerja dibidang kepelabuhanan.

Saya juga ingin berkuliah sambil bekerja,karena saya memiliki keinginan untuk mendapatkan penghasilan sendiri dan tidak membebankan orang tua.menurut saya kuliah sambil bekerja juga akan menambah pengalaman saya di dunia kerja dan untuk mempersiapkan diri saya setelah lulus. Saya juga ingin bisa hidup mandiri jauh dari orang tua.  Biaya hidup di Surabaya juga tidak terlalu tinggi dan masih bisa dikategorikan murah jika kita bisa mengatur pengeluaran.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun