Mohon tunggu...
Lutfia Nadhif
Lutfia Nadhif Mohon Tunggu... Lainnya - Universitas Sebelas Maret

Mahasiswa di Universitas Sebelas Maret

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Refleksi Topik 6: Isu-Isu Penyelenggaraan Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah dalam Perspektif Sosial, Budaya, Ekonomi dan Politik

27 Maret 2023   22:30 Diperbarui: 27 Maret 2023   22:46 1716
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sebelum memulai topik ini, yaitu Topik 6: Isu-isu Penyelenggaraan Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah dalam Perspektif Sosial, Budaya, Ekonomi dan Politik yang saya pikirkan adalah mengenal berbagai karakteristik peserta didik baik dari sisi sosial, budaya, ekonomi dan politik yang berbeda-beda. Melalui topik ini, saya mempelajari konsep bagaimana kita sebagai pendidik memahami karakteristik peserta didik yang berbeda-beda. 

Melalui ruang kaloborasi, Yang saya pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan saya adalah berdiskusi tentang pandangan masing anggota kelompok mengenai isu penyelengaraan pendidikan yang mempengaruhi proses pembelajaran, pandangan anggota kelompok tentangkesiapan mengajar dengan memperhatikan isu-isu penyelengaraan pendidikan, Tentang persamaan dan perbedaan tentang isu-isu penyelngaraan pendidkan yang dapat mempengaruhi proses pendidikan, dan persamaan dan perbedaan tentang kesiapan mengajar dengan memperhatikan isu-isu penyelengaraan pendidikan. 

Melalui demonstrasi kontekstual yang saya pelajari adalah isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik yang mempengaruhi proses pendidikan serta pembelajaran. Hal baru yang dapat saya pelajari dari topik ini yaitu dapat memahami isu-isu mengenai penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik, serta cara menyikapi serta menerapkan ilmu yang saya dapatkan ketika mempelajari topik ini. Selanjutnya, yang saya pelajari dari koneksi antar materi adalah bagaimana kaitan topik dalam mata kuliah ini yaitu Isu-Isu Penyelenggaraan Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah dalam Perspektif Sosial, Budaya, Ekonomi, dan Politik dengan mata kuliah lain.

Manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan saya sebagai guru adalah, dengan mempelajari topik ini, saya jadi dapat memahami karakteristik peserta didik dari sosial, budaya, ekonomi dan politik yang berbeda. Saya menilai kesiapan saya dalam skala 8, artinya saya cukup siap namun masih perlu mempelajari lebih lanjut mengenai topik bahasan ini. Yang perlu saya persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal adalah memperdalam atau belajar lagi tentang penerapan strategi pembelajaran yang baik dan tepat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun