Mohon tunggu...
Lusy Rahmawati
Lusy Rahmawati Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa

Saya mahasiswa disalah satu universitas yang ada disurabaya

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Cara Memanajemen Waktu dengan Baik

2 April 2023   14:40 Diperbarui: 2 April 2023   14:47 167
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Perkenalkan saya Lusy Rahmawati mahasiswa universitas Nahdlatul ulama Surabaya. Saya dari fakultas ekonomi bisnis Dan teknologi digital dengan prodi S1 manajemen. Disini saya akan menceritakan pengalaman saya tentang cara memanage waktu.

Manajemen waktu adalah hal yang paling penting. Karena kebanyakan orang-orang sukses adalah orang yang mampu memanage dirinya dari hal yang paling dasar yaitu manajemen waktu. Kata pepatah " WAKTU ADALAH UANG " Maksudnya dalam melakukan sesuatu hendaklah menghargai waktu karena waktu yang terbuang tidak dapat kembali. Manajemen waktu mengajarkan untuk dapat disiplin terhadap waktu.

Memiliki manajemen waktu yang baik merupakan hal yang sangat penting, dengan memanage waktu yang baik, kita bisa melaksanakan berbagai macam tugas atau kegiatan dengan baik dan teratur. Akan tetapi 24 jam 1 hari itu sangat cepat dan saya merasa belum melakukan tugas-tugas dengan baik.

Terkadang saya sering lalai dalam memanfaatkan waktu sehingga saya merasa setres dikejar deadline dan kecewa, merasa tidak berarti karena menghabiskan waktu begitu saja tanpa melakukan apapun mengabaikan tugas dan aktivitas yang seharusnya dikerjakan.

Menurut pengalaman saya, memanage waktu sangat diperlukan. Sebagai mahasiswa saya perlu mengasah softskill dibidang lain dan belajar dengan teman lain yang lebih pintar. Saya memiliki kegiatan utama yaitu kuliah. Kuliah bukan hanya datang belajar dan pulang. Tetapi ada tugas yang diberikan dosen dan harus dikerjakan dalam tenggat waktu yang diberikan. Saya memiliki jam kuliah yang bervariasi kadang pagi, siang, sore tergantung jadwalnya. Belum lagi mengerjakan tugas dari dosen. Ditambah lagi dengan berfikir untuk menambah pemasukan atau menghemat uang. Jadi harus benar-benar mampu untu memanage waktu.

Dari pengalaman tersebut saya perlu memahami bagaimana cara mengatur dan mengelola waktu yang baik secara efektif dan efisien dengan cara menerapkan manajemen waktu yang baik.

Menginjak tahun ajaran baru seperti tahun kemarin, saya harus bisa beradaptasi. Saya kira kuliah itu enak tidak seperti sekolah dari pagi sampai siang. Tetapi setelah dialami kuliah lebih menguras banyak waktu dan tenaga, apalagi saya kuliah di luar kota sudah pasti jauh dari orang tua. 

Yang sebelumnya saya tinggal bersama orang tua sekarang saya tinggal sendiri dikos dan ini butuh adaptasi yang banyak dan kemandirian. Awalnya sulit tapi lama-lama saya mulai terbiasa. Saya juga harus bisa membagi waktu untuk kuliah, mengerjakan tugas, berorganisasi dan tugas lainnya pokonya harus bisa lebih mandiri. Tetapi adaptasi juga harus mempertimbangkan kemampuan tenaga kita. Jangan sampai dengan banyaknya kegiatan justru kesehatan kita terganggu dan jatuh sakit karena tidak ada waktu untuk istirahat. Kalau bisa kita harus menyeimbangkan antara kegiatan dan istirahat pola makan juga harus tetap dijaga.

Saya biasany memanage waktu dengan hal berikut : 

1. Membuat jadwal 

 Jadi sebelum saya melakukan aktivitas saya memikirkan hal apa saja yang akan saya lakukan hari ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun