Mohon tunggu...
Lusy Mariana Pasaribu
Lusy Mariana Pasaribu Mohon Tunggu... Dosen - ***

Memerdekakan hati sendiri itu penting!

Selanjutnya

Tutup

Puisi Pilihan

Fragmen Bulan Januari

18 Januari 2021   00:00 Diperbarui: 18 Januari 2021   00:05 159
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


Terkadang, seringkali aku tak pandai membaca diriku apalagi membaca dirimu. Bahkan, aku pun sering tak pandai membaca asa. Januari adalah bulan pertama di setiap tahun, baru beberapa minggu dilalui, aku harus kalah dan mengalah.

Pun detak yang perlahan, bunyi seperti dahan patah, bak jerami yang diterbangkan badai. Januari ini, patah hati kembali menduduki pikiranku. Mengapa? Aku seakan enggan tersadar dari kesepian.

Tapi ternyata rasa sepiku tidak begitu. Entah, saat keberterimaan kumiliki. Aku enggan tersadar dari keberterimaan, yang memberikan bahagia.

Namun realita, tak membiarkan aku hanya mampu mencintai. Bahwa sepi dan kegaduhan bisa dan mampu membuatku merayu bahkan mencicipi dosa.

Setelah sadar sudah mencicipi dosa, tenang teduh tak lagi dirasakan. Titik ratap dan kertak gigi yang terasa. Butuh penghibur lara dan penghapus sesak. Walau hanya melalui telinga yang siap mendengar keluhku, itu sudah lebih baik. Tak perlu air gula yang semanis madu.

Biarlah angin Desember yang penuh patah hati, yang penuh halaman-halaman gelisah dan sudah kuakhiri, kembali bermain-main dan menjadi peristiwa penting di fragmen bulan Januari bahkan di bulan-bulan selepas Januari.

Aku harus dan mau untuk baik-baik saja dan yang harus diusahakan adalah berdamai dengan segala realita. Aku harus menghidupi hal itu.

Karena kesusahan sehari cukuplah untuk sehari. Ah, sulit untuk mempercayai itu memang.

***
Rantauprapat, 02 Desember 2021
Lusy Mariana Pasaribu

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun