Mohon tunggu...
Luqman IstaMasaid
Luqman IstaMasaid Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

mahasiswa semester 7

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mahasiswa KKN UIN SAIZU Purwokerto Dukung Mengembangkan UMKM Desa Paguyangan dengan Workshop Digital Marketing Facebook Marketplace

8 Agustus 2024   12:05 Diperbarui: 8 Agustus 2024   15:32 73
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dok. Tim Mahasiswa KKN UIN SAIZU Purwoketo & peserta pelatihan Digital marketing UMKM desa Paguyangan

Mahasiswa Kelompok 190 KKN UIN Prof.K.H.Saifuddin Zuhri ( UIN Saizu ) Purwokerto menyelenggarakan pelatihan digital marketing bertema “Optimalisasi Strategi Digital Marketing melalui pemanfaatan Facebook Marketplace”kegiatan ini menyasar kepada para pelaku UMKM di desa Paguyangan yang sudah bergabung ke dalam organisasi UMKM Laris Manis Desa Paguyangan. Acara yang bertempat di Aula Kecamatan Paguyangan ini dihadiri kurang lebih sebanyak 35 orang pelaku usaha mikro dan kecil (UMKM) dihadiri dangan penuh partisipatif dari para audiens (Minggu, 04/08/2024).

Kegiatan ini merupakan progam unggulan dari progam kuliah kerja nyata yang dilakukan oleh kelompok 190 KKN 54 UIN SAIZU Purwokerto tahun 2024. Turut hadir pemateri dalam acara tersebut yaitu Ibu Sri Narsih, S.Pi yang merupakan Owner Nila Crispy SARMILA. Pembukaan acara disampaikan oleh Luqman Ista Masa'id selaku koordinator desa atau ketua kelompok KKN mahasiswa UIN SAIZU yang menyampaikan harapan nya yaitu dengan diselenggarakan nya pelatihan ini akan memberikan edukasi terbaru bagi para pelaku UMKM yang berada di desa Paguyangan dan pelaku UMKM terus melakukan upaya agar usaha yang mereka miliki semakin berkembang pesat. 

Adapun pematerian yang disampaikan Ibu Sri Narsih, S.Pi selaku narasumber yang mana beliau menyampaikan materi terkait pembentukan pola pikir atau mindset untuk mengubah budaya pencarian kerja menjadi budaya menciptakan lapangan pekerjaan yang berfokus untuk membuka peluang UMKM tersendiri, mengembangkan ide bisnis, dan mengambil insiatif untuk membangun usaha dari nol dan memberikan arahan untuk menjadi wirausaha yang cerdas dengan memahami bahwasanya setiap tindakan yang akan dilakukan harus disertai dengan ikhlas, terencana, terkonsep & menggunakan strategi jitu.

Pelatihan atau workshop digital marketing facebook marketplace yang diselenggarakan bertujuan untuk memberikan wawasan dan keterampilan praktis bagi para pelaku UMKM desa Paguyangan agar mampu memanfaatkan teknologi informasi dalam bidang pemasaran produk melalui facebook yaitu marketplace agar mereka dapat memahami cara efektif untuk mempromosikan produk yang dimiliki agar terjadinya peningkatan penjualan dan memperluas jaringan pelanggan atau relasi sesama pelaku UMKM.

Dengan dilaksanakan nya pelatihan ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang maksimal kepada para pelaku UMKM desa Paguyangan untuk melakukan pengembangan usaha UMKM mereka sesuai dengan strategi pemasaran yang akan menjadikan usaha mereka berkembang dan maju di era digital sekarang ini.

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun