Pada Akhir bulan Juli Saya mendaftarkan diri saya untuk mengikuti  Program Studi Independent dari Kampus Merdeka, dan saya diterima untuk mengikut Studi Independent di Mitra NF Computer bidang Akademi Digital Marketing. Akademi Digital Markerting saya pilih karena sesuai dengan minat dan kemampuan saya.Â
Kegiatan Kampus Merdeka ini dimulai dari tanggal 18 Agustus. Di pekan pertama saya menghadiri acara lepas sambut peserta MBKM angkatan 2 dan 3 via online. Di sini kami mendapatkan pengarahan terkait apa saja yang harus kami lakukan dan motivasi untuk terus selalu semangat dan berinovasi selama menjalani MBKM.
Â
Kemudian di hari berikutnya saya mengikuti zoom di Mitra NF Computer, berkenalan dengan para pengajar dan pembimbing. Pada hari kedua ini juga kami dibentuk kelompok berisi 25 peserta dan 1 mentor. Saya mendapatkan kelompok 3 dengan mentor Ka Muhammad Ichwan.Â
Pekan berikutnya saya mulai belajar via zoom meeting. Materi yang di sampaikan diawal pertemuan adalah pengantar digital marekting dan softskill. Materi disampaikan oleh pengajar yang berpengalaman dibidangnya. Tidak hanya mendengarkan, namun kami juga aktif berdiskusi.
digital marketing, penentuan produk, strategi pemasaran, membuat konten, website, dan masih banyak lagi.Â
Banyak sekali yang kami pelajari di Akademi Digital Marketing NF Computer dan akmi diajarkan dari nol. Mulai dari perkenalan awal tentangPembelajaran via zoom ini di mulai dari pukul 8 pagi sampai pukul 12 siang, dari hari Senin sampai dengan Jum'at. Lalu di siang harinya mengikuti bimbingan via Whatsapp Group bersama mentor. Dan di waktu sore sampai malam hari bisa kami gunakan untuk mengerjakan tugas yang diberikan di zoom pagi.Â
Disini kami diajarkan dengan sistem belajar dan berkerja. Maksudnya adalah, kami tidak hanya belajar atau mendengarkan materi yang disampaikan, namu kami juga di tuntut untuk bisa mempraktekan apa yang sudah kami dapatkan, agar ilmu tersebut dapat melekat dan dapat diterapkan dikehidupan kami.Â
Selama beberapa pekan kami menngikuti pembelajaran dan mengerjakan tugas yang diberikan. Lalu di akhir bulan November kami memulai projek final yaitu melakukan pemasaran produk dengan cara yang telah kami pelajari selama beberapa pekan sebelumnya.
 Projek final dikerjakan secara berkelompok yang berisi 5 orang. Kelompok saya sendiri memilih produk E-book bertema digital marketing untuk kami pasarkan. Pembagian tugas di kelompok juga dibagi sesuai dengan kemampuan anggota.Â
Ada yang memegang kendali di media sosial khususnya instagram dan facebook. Memegang kendali di marketplace, memegang kendali di email marketing, dan memegang kendali di blog dan SEO. Walaupun kami memegang satu tanggungjawab tugas, namun kami juga saling membantu satu sama lain jika ada yang perlu didiskusikan.Â