Mohon tunggu...
Luluk Isnawati
Luluk Isnawati Mohon Tunggu... Guru - Guru

Menyukai tantangan dan hal-hal baru yang dapat meningkatkan kompetensi diri dan memperbaiki karakter

Selanjutnya

Tutup

Analisis Pilihan

Mengintegrasikan Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah

25 Januari 2025   19:25 Diperbarui: 25 Januari 2025   19:19 35
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Alur Peta Konten Integrasi Moderasi Beragama dalam Pembelajaran

Mengajarkan nilai-nilai moderasi beragama di madrasah merupakan upaya untuk mengembangkan pikiran, pandangan, dan sikap peserta didik agar dapat menerima dan terbuka terhadap keragaman Indonesia (baik agama, budaya, suku, bahasa, dan keragaman lainnya) serta menghindari konflik atau prasangka subyektif karena kategori sosial (stereotipe) seperti gender, warna kulit, dan faktor disabilitas.

Peta Konten Integrasi Moderasi Beragama dalam Pembelajaran:

Pendidik dapat mengajarkan nilai-nilai moderasi beragama di madrasah dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran akidah akhlak di madrasah tsanawiyah, pendidik dapat mengintegrasikan sub-sub indikator moderasi beragama dalam proses pembelajaran akidah akhlak.

Capaian Pembelajaran Akidah Akhlak Fase D

Berikut Capaian Pembelajaran (CP) pada Fase D berdasarkan SK Dirjen Pendis Nomor 3302 Tahun 2024:

Pada akhir fase D (Kelas VII, VIII, dan IX Madrasah Tsanawiyah), pada elemen akidah, peserta didik diarahkan memperkuat akidah Islam melalui pemahaman Ahlus Sunnah wal Jama'ah pada materi akidah Islam, rukun iman, sifat-sifat Allah Swt. dan al-Asma' al-Husna. Pada elemen akhlak, peserta didik mampu memahami akhlak terpuji (mahmudah) dan akhlak tercela (madzmumah) agar dapat menjauhkan diri dari perilaku tercela dan membiasakan diri dengan perilaku mulia dalam kehidupan sehari-hari. Elemen adab mengarahkan peserta didik memahami adab dalam hubungannya dengan Allah Swt. (hablum minallah), sesama manusia (hablum minannas), dan makhluk lainnya sehingga terbentuk pribadi yang cerdas, berkarakter, dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan. Elemen kisah keteladanan menitikberatkan pada pemahaman terhadap kisah nabi dan rasul dan para sahabat rasul sebagai teladan.

Elemen

Capaian Pembelajaran

Akidah

Memahami akidah Islam (iman, islam, ihsan), al-Asma' al-Husna (al-Bashith, al-Gani, ar-Ra'uf, al-Barr, al-Fattah, al-'Adl, al-Wakil, at-Thawwab, al-Lathif, al-Qohhar), dan enam rukun iman.

Akhlak

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun