Mohon tunggu...
Luluk TrianaNur
Luluk TrianaNur Mohon Tunggu... Lainnya - siswa

suka membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Metode Pengelasan SMAW dalam Reparsi Kerusakan Akibat Korosi pada Lambung Kapal

28 Oktober 2024   08:01 Diperbarui: 28 Oktober 2024   08:16 43
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

 Lambung kapal adalah bagian badan kapal yang berfungsi untukmemberikan daya apung dan mencegah kapal tenggelam. Lambungkapal juga memiliki fungsi lain, seperti tempat penyimpanan dan ruang mesin. Lambung kapal memiliki beberapa jenis, yaitu lambung datar , lambungV, lambung terowongan, dan lambung dasar bulat. yang masing-masingmemiliki fungsi memberikan daya apung, melindungi dari kerusakan, menjamin stabilitas, dan menentukan kecepatan. Pengelasan adalah (welding) salah salah satu teknik penyambunganlogam dengan cara mencairkan sebagian logam induk dan logampengisi dengan atau tanpa tekanan. Sedangkan definisi pengelasan menurut DIN(Deutsche Industrie Norman) adalah ikatan metalurgi pada sambungan logam atau logam paduan yang dilaksanakan dalam keadaan lumer ataucair. Dengan kata lain, las merupakan sambungan setempat dari beberapa batang logam dengan menggunakan energi panas. Di antara berbagai teknik pengelasan, salah satu yang paling umum digunakan dalam industri perkapalan adalah Shielded Electrode Arc Welding (SMAW), yang menawarkan keandalan dan efisiensi dalam perbaikan lambung kapal.

 Pengelasan Shielded Electrode Arc Welding atau yang disingkat SMAW adalah pengelasan yang sebagai panasnya melebur logam menggunakan api busur. Cara ini selain terjangkau, sangat seringdipakai dalam pembuatan kapal maupun reparasi kapal. Proses pengelasanmenggunakan mesin SMAW dapat menggunakan tiga jenis arus yaitu arus searah (DC), arus bolak-balik (AC), dan arus ganda yangdapatmenggunakan arus searah dan bolak-balik. "Interaksi logamterutamabajaST 37 yang paling banyak digunakan pada fasilitas industri maritim pastinya sering berkontak langsung dengan air laut yang memiliki kandungan senyawa klorida yang tinggi. Namun, pengelasan SMAW masih efektif digunakan karena dapat meningkatkan kekuatan sambungan las dan mengurangi korosi" (Pradipta Ihza Cahya Ramadhani, 2023), makadari itu dalam proses reparasi lambung kapal, penggunaan metode pengelasanSMAW sangatlah penting. Berikut adalah tahapan-tahapan yangdilakukanuntuk memastikan pengelasan berjalan efektif dan menghasilkansambungan yang kuat.

 Tahapan metode atau tata cara pengelasan SMAW yang dilakukan untuk reparasi kerusakan pada lambung kapal :

 1. Persiapan Area Kerja: Bersihkan area yang akan dilas dari karat, cat, dan kotoran lainnya untuk memastikan ikatan yang kuat antara logam. Pastikan semua peralatan pengelasan siap digunakan, termasuk mesin las dan elektroda yang sesuai

2.Pengaturan Mesin Las: Atur mesin las sesuai dengan rekomendasi pabrikan elektroda. Pemilihan elektroda yang tepat sangat penting untuk mencapai hasil yang optimal.

3. Proses Pengelasan: Mulai dengan menginisiasi busur listrik dengan menyentuhkan ujung elektroda ke logam dasar dan kemudian menariknya sedikit untuk menjaga panjang busur yang konsisten. Gunakan teknik gerakan yang sesuai, seperti pola lingkaran atau gerakanzig-zag, untuk memastikan penetrasi dan distribusi panas yang merata. 

4. Pemeriksaan Hasil Las: Setelah proses pengelasan selesai, lakukan pemeriksaan visual untuk mendeteksi cacat seperti porositas atau retakan. Pengujiannon-destruktif seperti ultrasonografi dapat dilakukanuntukmemastikan tidak ada cacat internal pada sambungan las.

5. Perlindungan Korosi Setelah Pengelasan Setelah proses pengelasan selesai, penting untuk menerapkan pelapis anti-karat pada area yang baru direparasi. Pelapis ini membantu melindungi sambungan las dari korosi lebih lanjut akibat paparan air laut dan kondisi lingkungan lainnya. 

Setelah tahapan-tahapan pengelasan selesai dilakukan, penting untuk memahami kelebihan dari metode pengelasan SMAW dalam reparasi lambung kapal. Selain praktis penggunaanya pengelasan SMAW memiliki beberapa kelebihan pada reparasi pada lambung kapal, yaitu SMAW dapat digunakan pada berbagai jenis logam dan dalam berbagai posisi (datar, vertikal, overhead), menjadikannya ideal untuk situasi di lapangan, kemudian Metode ini tidak memerlukan gas pelindung eksternal danmemiliki biaya peralatan yang lebih rendah dibandingkan metode pengelasanlainnya. 

Metode pengelasan Shielded Electrode Arc Welding (SMAW) merupakan teknik yang efektif dan praktis dalam reparasi kerusakan akibat korosi pada lambung kapal. SMAW digunakan secara luas karena fleksibilitasnya pada berbagai jenis logam dan posisi pengelasan. Selain itu, metodeini tidak memerlukan gas pelindung eksternal dan memiliki biaya yang relatif rendah. Proses reparasi lambung kapal menggunakan SMAW melibatkan tahapan yang meliputi persiapan area kerja, pengaturan mesin las, pengelasan, pemeriksaan hasil, serta perlindungan korosi untuk menjaga keawetansambungan las. 

link referensi : https://setxind.com/welding-processes-a-closer-look-at-smaw/ https://www.fabtechexpo.com/blog/2018/01/04/shielded-metal-arc- welding-basics https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/download/27393/24682 https://jurnal.umj.ac.id/index.php/sintek/article/download/116/98http://ejurnalmaterialmetalurgi.lipi.go.id/index.php/metalurgi/article/download/608/378

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun