Pada tanggal 17 Oktober 2024, mahasiswa Lantip 4 Universitas Negeri Semarang (UNNES) mengadakan kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan fokus pada teks hikayat di SMK Muhammadiyah 2 Semarang. Kegiatan ini merupakan bagian dari program pengabdian dan praktik mengajar mahasiswa sebagai upaya penerapan materi perkuliahan di dunia pendidikan.
Pembelajaran ini dilaksanakan dengan metode interaktif dan kolaboratif di mana siswa SMK diajak untuk memahami dan menginterpretasikan teks hikayat, salah satu jenis karya sastra lama yang sarat nilai-nilai moral dan sejarah. Mahasiswa UNNES bertindak sebagai fasilitator yang memandu jalannya diskusi dan memberikan pemahaman mendalam tentang struktur serta karakteristik teks hikayat.
Mahasiswa yang terlibat, Lu'lu' Ulkhofiyatun Nida menyatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan apresiasi siswa terhadap sastra Indonesia, khususnya teks hikayat yang kerap dianggap kuno, namun menyimpan banyak pesan moral yang relevan dengan kehidupan modern.Â
Siswa SMK Muhammadiyah 2 Semarang pun tampak antusias mengikuti pembelajaran, menunjukkan minat yang besar dalam mengeksplorasi nilai-nilai yang terkandung dalam teks tersebut.
Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang bagi mahasiswa UNNES untuk melatih kemampuan mengajar mereka, tetapi juga sebagai sarana untuk mempererat hubungan antara perguruan tinggi dan sekolah menengah, menciptakan kolaborasi yang bermanfaat bagi kedua belah pihak.
Dengan adanya pembelajaran teks hikayat ini diharapkan siswa dapat lebih mengenal warisan sastra Indonesia serta mampu mengaplikasikan nilai-nilai positif yang terkandung dalam karya-karya tersebut di kehidupan sehari-hari.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H