Mohon tunggu...
Lukmanul Hakim
Lukmanul Hakim Mohon Tunggu... Penulis

Suka Menulis dan Ngopi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengajar Brand Management Ini Hadirkan Metode Kreatif dan Interaktif

16 Maret 2025   20:40 Diperbarui: 16 Maret 2025   20:38 28
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
President University. (Foto: Dok/Ist)

Cikarang -- Proses pembelajaran di perguruan tinggi tidak hanya menuntut pemahaman teori, tetapi juga penerapan praktis yang relevan dengan dunia industri. Hal ini diterapkan oleh Sonny V. Sutedjo, MM, pengajar mata kuliah Brand Management di President University, Cikarang. Dengan metode yang kreatif dan interaktif, ia berhasil membangun pemahaman, kreativitas, serta kepercayaan diri mahasiswa.

Salah satu metode inovatif yang diterapkan Sonny adalah proyek pembuatan iklan televisi. Dalam proyek ini, mahasiswa tidak hanya mempelajari konsep brand, product awareness, dan strategi pemasaran, tetapi juga menerapkannya secara langsung. Setiap kelompok diberikan tugas untuk menciptakan konsep iklan televisi bagi sebuah produk tertentu, dengan mahasiswa sendiri sebagai talent iklan.

"Kami harus mempresentasikan konsep brand secara menyeluruh, mulai dari analisis pasar hingga strategi komunikasi. Bagian paling seru adalah ketika kami harus berakting dan benar-benar mempromosikan produk di depan kamera," ujar salah satu mahasiswa, Jum'at (14/3/2025).

Selain itu, mahasiswa juga diminta untuk memaparkan konsep pemasaran yang digunakan dalam iklan di hadapan kelas. Pendekatan ini dinilai efektif dalam mengasah keterampilan komunikasi serta pemahaman strategi pemasaran secara praktis.

Metode pengajaran ini mendapat apresiasi dari mahasiswa dan alumni President University. Renata, salah satu alumni yang kini berkarier sebagai manajer di perusahaan komunikasi asing, mengungkapkan bahwa pengalaman belajar dengan Sonny memberikan keunggulan kompetitif di dunia kerja.

"Bapak Sonny berhasil menciptakan pengalaman belajar yang membekas. Saat lulusan universitas lain baru mulai belajar di tahun pertama bekerja, kami sudah memiliki pengalaman eksekusi sejak di bangku kuliah," ujarnya.

Dengan pendekatan inovatif, Sonny V. Sutedjo berkontribusi dalam mencetak lulusan yang tidak hanya memahami teori, tetapi juga memiliki keterampilan praktis dan kepercayaan diri dalam menghadapi tantangan industri pemasaran. Metode ini menjadi bukti bahwa pembelajaran yang kreatif dapat memberikan dampak positif bagi mahasiswa.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun