Mohon tunggu...
Lukman Nurrohim
Lukman Nurrohim Mohon Tunggu... Mahasiswa - Karyawan swasta

Hidup bukan tentang pengetahuan, tapi cinta dalam kebaikan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kerja Praktek Sistem Aplikasi Kepuasaan Pelanggan terhadap Pelayanan di SPBU Coco Bandara 31-151-05 Berbasis Web

16 Juli 2022   10:40 Diperbarui: 16 Juli 2022   10:44 53
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

TANGERANG SELATAN - Mahasiswa Prodi Teknik Informatika Universitas Pamulang, Melaksanakan Kerja Praktek selama satu bulan pada tanggal 18 april - 23 Mei 2022. Dalam rangka memenuhi kewajiban mata kuliah Kerja Praktek maka diadakannya kewajiban dalam memenuhi kegiatan kerja praktek pada suatu instansi sebagai syarat untuk dapat lulus pada mata kuliah tersebut.

Kerja Praktek ini beranggotakan  3 orang mahasiswa prodi tekhnik informatika universitas pamulang, yang bernama dede panji fauzan akbar, ardiansyah, lukman nurrohim, dan dosen pembimbing kami Ahmad Munawaruzaman S.Sos.I., M.Si.

SPBU Coco 31-151-05 bertempat di Jl. Perimeter Utara Bandara Soekarno Hatta adalah  suatu  tempat pemasaran bahan bakar minyak yang dikelola oleh PT. Pertamina Retail dibawah naungan perusahaan BUMN (Pertamina). PT.  Pertamina  yang merupakan bagian dari BUMN adalah  perusahaan yang mengelola energy minyak dan gas yang dikelola oleh pemerintahan sendiri,  dimana  Pertamina menyediakan stasiun pengisian bahan bakar minyak seperti Pertalite, Solar, Pertamax. Dalam  operasional  bisnis,  SOP  diperlukan dalam  sebuah  bisnis,  tujuannya  adalah  untukmemberikan  pelayanan  yang  baik

Pelanggan sering kali bingung dalam menyampaikan complain yang ada pada SPBU karena dalam pelayanan SPBU tersebut  belum memiliki sebuah sistem kepuasan pelayanan yang dapat menilai kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang disedakan ole setiap SPBU yang kurang memuaskan pelanggan dan kualitas ada pada setiap SPBU. Dalam realisasi lapangan masih ada beberapa oknum yang melakukan kecurangan dalam pengisian bahan bakar minyak seperti nominal  tidak sesuai dan pengisian bahan bakar minyak yang seharusnya bensin tersebut diisi inimalah kosong petugas tersebut hanya meletakan selang bensin namun bensin tersebut tidak diisi, sehingga dari hal tersebut pelanggan merasa dirugikan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dan membuat pelayanan diSPBU tersebut meninggalkan kesan yang kurang puas oleh pelanggan

Karna itu kami membuat aplikasi Sistem yang akan dirancang menggunakan bahasa pemrograman PHP dan HTML dan penyimpnanan data menggunakan Database MySQL.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun