Mohon tunggu...
LUKMAN ARIF
LUKMAN ARIF Mohon Tunggu... Guru - Calon Guru Penggerak Angkatan 3 Kelas 9 Kabupaten Banyuwangi

Guru Penggerak

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Nilai-nilai dan Peran Guru Penggerak

14 September 2021   23:08 Diperbarui: 14 September 2021   23:14 10169
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

1.2.a.9  Koneksi Antar Materi Nilai & Peran Guru Penggerak serta kaitannya dengan modul 1.1. Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Program Guru Penggerak ini bertujuan untuk menyiapkan para pemimpin pendidikan Indonesia masa depan, yang mampu mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan guru di sekitarnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila.

Nilai itu sendiri, menurut Rokeach (dalam Hari, Abdul H. 2015), merupakan keyakinan sebagai standar yang mengarahkan perbuatan dan standar pengambilan keputusan terhadap objek atau situasi yang sifatnya sangat spesifik. Kehadiran nilai dalam diri seseorang dapat berfungsi sebagai standar bagi seseorang dalam mengambil posisi khusus dalam suatu masalah, sebagai bahan evaluasi dalam membuat keputusan, bahkan hingga berfungsi sebagai motivasi dalam mengarahkan tingkah laku individu dalam kehidupan sehari-hari. Melihat peranan nilai sangat penting dalam kehidupan tingkah laku sehari-hari, maka rasanya penting bagi seorang Guru Penggerak untuk bisa memahami dan menjiwai nilai- nilai dari seorang Guru Penggerak.

Kelima nilai dari Guru Penggerak adalah: Mandiri, Reflektif, Kolaboratif, Inovatif, serta Berpihak pada Murid.

yang saya implementasikan pada nilai-nilai guru penggerak dalam pembelajaran antara lain:

▪︎Reflektif: selalu menghubungkan pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari,terbuka dengan hal baru.
▪︎Berpihak kepada murid: mengembangkan kreatifitas siswa dengan mengkolaborasikan pembelajaran dengan permainan dan lagu sehingga anak termotifasi dalam belajar.
▪︎Mandiri: mampu merancang skenario pembelajaran  yang dapat di pertanggungjawabkan dengan konsep merdeka belajar.
▪︎Kolaborarif: cakap dalam berinteraksi dan bekerjasama sharing  dengan siswa,guru dalam komunitas.
▪︎Inovatif: kreatif dalam ide baru mengemas pembelajaran yang berkualitas dan menyenangkan.

Nilai ini sendiri berkaitan erat dengan peran yang sudah saya pelajari di bagian paradikma dan visi Guru Penggerak  dan refleksi Filosofi Ki Hadjar Dewantara Nilai ini yang diharapkan terus tumbuh dan dilestarikan dalam diri saya dan seorang Guru Penggerak. Kelima nilai ini saling mendukung satu dengan lainnya, dan tentunya diharapkan menjadi pedoman berperilaku untuk seorang Guru Penggerak dan dapat menjadi inspirasi kepada guru lain dalam sebuah komunitas.

Berdasarkan penjelasan di atas, nilai-nilai dari Guru Penggerak banyak diadopsi  dan sangat berkaitan dengan pemikiran Ki Hajar Dewantara pemikiran Ki Hadjar Dewantara adalah saya lebih bersabar dalam tindakan, lebih yakin dan termotifasi dari diri saya bahwa pendidikan berawal dari guru yang harus bisa merubah pola pikir bahwa pengajaran harus berpihak/berpusat pada murid ialah merdeka belajar, ikhlas menuntun dengan sabar untuk membentuk mental,keinginan atau keterampilan siswa,membangun semangat kepecayaan diri,kemandirian kepada siswa untuk mewujudkannya tidak bisa hanya melihat dari memahami karakteristik siswa, 

tetapi pendidik juga harus melihat secara keseluruhan, baik aspek jasmani,akal rohani dan sosialnya,sesuai kodrat alam dan zaman tidak sekedar keinginan murid saja melainkan mengidentifikasi kebutuhkan apa untuk menunjang tumbuh kembang minat serta potensi yang terdapat dalam dirinya, baik melihat dari lingkungan sekolah maupun lingkungan tempat tinggalnya, terutama selalu memberikan motifasi,menciptakan rasa nyaman dan bahagia dengan metode pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa dan menjadi lebih bersemangat belajar, sehingga menjadi sebuah kebiasaan yang positif yang dapat dilakukan setiap hari baik dirumah maupun di sekolah.

Jika dilihat dari demontrasi kontektual guru penggerak seperti apakah saya? saya menilai nilai guru penggerak yang terdapat pada diri saya adalah guru penggerak yang kreatif dan inovatif, 

mengapa? karena saya selalu membuat suasana kelas menjadi hidup dan menyenangkan, dan nilai guru penggerak yang perlu saya kuatkan adalah reflektif dan nilai berpihak kepada murid,dengan perkembangan zaman dan perubahan budaya dan peradapan sebagai pendidik yang professional saya belajar mengidentifikasi minat bakat kebutuhan baik rohani dan jasmani berkolaborasi dengan peserta didik khususnya di kelas saya agar saya mengetahui cara, trik dan solusi untuk berpihak kepada murid sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman dengan mengutamakan pembiasaan budaya baik disetiap harinya, membuat kenyamanan dan kebahagiaan dalam proses belajarnya, 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun