Pengajaran bahasa Asing memerlukan tenaga ekstra untuk dilakukan. Karena bahasa yang disampaikan kurang dipakai atau mungkin hampir tidak pernah dipakai oleh siswa yang kita ajar dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga apabila hanya sekedar dikenalkan maka bukan tidak mungkin, akan segera juga terlupakan.Â
Oleh karenanya dalam melaksanakan pengajaran memerlukan berbagai macam strategi, supaya pengajaran berhasil mencapai tujuan pembelajaran.
Kali ini yang ingin saya bagikan adalah pengalaman yang baru saja saya lakukan di tempat kerja. Saya mengajar Bahasa Jerman di SMA Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang, Jawa Timur. Saat ini saya sedang mengajar siswa kelas XII Bahasa yang kabarnya nanti ketika penerapan kurikulum merdeka tidak ada lagi sebutan kelas peminatan seperti itu.Â
Tema yang dipelajari saat ini adalah tentang hobi dan kegiatan di waktu luang (Hobby und Aktivitaeten in der Freizeit). Untuk mengakhiri pembelajaran, saya menawarkan kepada siswa tentang penugasan apa yang mereka inginkan. Sebagian besar menjawab ingin membuat permainan sederhana menggunakan kartu.Â
Tetap saya sampaikan agar permainan tersebut bertujuan juga untuk melatih keterampilan bahasa Jerman siswa. Dan mereka pun menyetujuinya.
Untuk memunculkan inspirasi, saya tunjukkan kepada mereka beberapa jenis permainan kartu yang kami miliki, yaitu:
Â
Dari beberapa permainan tersebut akhirnya mereka mempunyai ide untuk memanfaatkan permainan yang sudah ada dengan diberikan sedikit modifikasi ataupun juga membuat permainan dan aturan baru tapi menggunakan media yang berbeda.
Hasilnya inilah beberapa permainan yang mereka hasilkan:
1. Remino (Remi dan Domino)
CARA MEMAINKAN:
- Membagi kartu ke 4 pemain, sisa 2 kartu,Â
- Lalu pilih satu kartu sisa, jadikan contohÂ
- Kemudian masing" orang mengumpulkan kartu yang berhubungan dengan kartu contoh tersebut
- Jika 2 kartu sisa sudah digunakan, maka orang yang terakhir mengumpulkan kartu bisa mengeluarkan kartu untuk dijadikan contoh yang nantinya disamakan dan disusun sesuai tema hobi
- Jika kartu sudah habis tersusun, maka akan melakukan undian (hompimpa), lalu yang terpilih akan memilih salah satu hobi yang telah tersusun dan membuat kalimat
2. Tepuk Hobby