Mohon tunggu...
Lucy Widasari
Lucy Widasari Mohon Tunggu... Dokter - Penulis beberapa buku, ada royalti dan 28 bahan ajar M3

Hobby menulis dan membaca, membangun jejaring dan bekerjasama

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Energi, Semangat dan Inovasi: 33 Tahun Memberi Layanan Terdepan

26 Juni 2024   08:55 Diperbarui: 26 Juni 2024   09:12 236
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: doc pribadi

Manusia membutuhkan zat gizi yang penting bagi tubuh untuk mendukung pertumbuhan optimal. Ibarat sebuah sel dalam tubuh manusia, layanan ekspedisi yang berkualitas akan dapat memberikan elemen-elemen krusial bagi keberhasilan pengiriman barang atau jasa dari satu tempat ke tempat lain. Layanan ekspedisi jika diibaratkan sebagai sumber energi, dapat memberi kekuatan bagi pengembangan potensi. Energi adalah daya dorong yang memberikan kekuatan fisik dan mental untuk terus bergerak maju. 

Dalam layanan ekspedisi, energi diperlukan untuk mengatasi tantangan fisik yang sering kali melelahkan, seperti medan yang sulit atau cuaca yang ekstrem serta menjaga konsentrasi dan ketelitian dalam membuat keputusan yang penting. Dengan semangat yang tinggi dan energi yang cukup, pemberi jasa layanan ekspedisi dapat mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi, mencapai tujuan, dan bahkan menemukan hal-hal baru yang belum pernah dipikirkan sebelumnya.

Perumpamaan lemak dalam layanan ekspedisi dapat diibaratkan sebagai infrastruktur yang mendukung kelancaran dan efisiensi proses pengiriman barang. Seperti lemak yang melumasi mesin untuk mengurangi gesekan, dalam layanan ekspedisi, lemak diumpamakan sistem manajemen logistik yang baik, pemanfaatan teknologi untuk pelacakan dan manajemen inventaris yang efisien, serta jaringan distribusi yang luas. 

Dengan adanya lemak, ekspedisi dapat beroperasi dengan lebih lancar, meminimalkan hambatan, dan meningkatkan kecepatan serta akurasi atau kepastian dalam pengiriman barang. Layanan ekspedisi yang berkualitas memberi protein, dengan menguatkan struktur operasional dan keandalan pengiriman. Seperti vitamin yang memberi energi dan stamina, layanan ekspedisi yang baik memberi kecepatan dan kehandalan yang diperlukan untuk menjaga layanan selangkah di depan dalam pelayanan. Seperti mineral yang memperkuat tulang dan gigi, layanan ekspedisi yang andal memberi fondasi yang kokoh untuk pertumbuhan dan perkembangan bisnis. Seperti serat yang mendukung pencernaan, layanan ekspedisi yang efisien membantu alur kerja yang lancar dan transparan. Seperti air yang menjaga tubuh tetap terhidrasi, layanan ekspedisi yang responsif akan menjaga kelancaran aliran barang dan informasi. Dalam perumpamaan tersebut, seluruh komponen zat gizi secara seimbang menjadi bagian penting dalam menjaga kesehatan dan keberhasilan sistem organ tubuh, sama halnya dengan pentingnya layanan ekspedisi berkualitas dalam menjaga kelancaran dan kehandalan operasional bisnis sehingga mampu menjadi layanan terdepan.

SEMANGAT DAN KREATIVITAS dan INOVASI

Kreativitas dan inovasi merupakan dua aspek yang paling penting dalam meningkatkan kesuksesan karier. Sebagai salah satu perusahaan ekspedisi terbesar dan terdepan di seluruh Indonesia JNE senantiasa memberi pengalaman terbaik kepada pelanggan secara konsisten. Komitmen memberikan layanan terbaik dalam mendukung kebutuhan distribusi dan pengiriman barang serta dokumen bagi masyarakat tidak lepas dari energi, semangat, dan inovasi, karena tantangan yang dihadapi sering kali kompleks dan tidak terduga. Kesuksesan seseorang dalam belajar sangat dipengaruhi karena adanya motivasi dalam belajar. Adanya motivasi belajar akan mengakibatkan situasi yang saling mendukung dan saling membantu.

Dengan jumlah karyawan lebih dari 50.000 di seluruh Indonesia, kerjasama tim yang terdiri dari individu yang terampil dan berpengetahuan luas dalam bidangnya sangat diperlukan. Setiap individu lahir dengan potensi unik dan kemampuan yang dapat dikembangkan untuk mencapai kesuksesan. Hal ini menggambarkan bahwa tidak ada satu pun individu yang terlahir di dunia tanpa potensi untuk meraih impian dan cita-cita. Manusia berasal dari jutaan sel, namun, hanya satu sel yang terpilih dapat menyatukan diri dengan sel telur. Meskipun mungkin memiliki keterbatasan pada awalnya, namun dengan kemauan dan usaha keras berbagai tantangan dan hambatan dapat diatasi. Semangat adalah elemen kunci yang dapat memotivasi seseorang untuk tetap fokus dan gigih dalam mencapai tujuan meskipun menghadapi rintangan dan kesulitan yang mungkin muncul di sepanjang jalan. Semangat juga dapat mendorong seseorang untuk mencari cara baru atau strategi inovatif dalam mencapai tujuan.

Perjalanan kehidupan seperti perjalanan jasa ekspedisi memungkinkan seseorang dan anggota tim menemukan solusi baru dalam menghadapi tantangan di sepanjang jalan. Ketika sumber daya atau metode konvensional tidak cukup, diperlukan inovasi dalam menemukan cara baru untuk mengatasi rintangan atau mencapai tujuan dengan lebih efisien. Semangat yang kuat membuat seseorang memiliki daya tahan mental dan emosional yang diperlukan untuk bertahan dalam jangka panjang serta menginspirasi orang lain di sekitarnya untuk ikut terlibat dan mendukung pencapaian tujuan bersama.

Di era revolusi industri, di mana lingkungan berubah dengan cepat, penting untuk membangun kepercayaan dan memiliki keterampilan responsif untuk menghadapi perubahan situasi atau kebutuhan pasar dengan cepat.Untuk itu, perlu penyesuaian strategi dan rencana tindakan yang lebih fleksibel dan adaptif.  Dalam memberikan layanan jasa ekspedisi, filosofi "melayani bukan dilayani" dapat diterapkan dengan menekankan pada kebutuhan dan harapan pelanggan. Layanan berkualitas seperti tanggap terhadap umpan balik dan permintaan serta mampu memberikan solusi yang cepat dan efektif terhadap masalah yang mungkin terjadi dapat diberikan secara konsisten dan andal.  Dengan mengimplementasikan prinsip tersebut, seseorang sekaligus dapat mengembangkan keterampilan kepemimpinan, empati, dan kerjasama yang lebih baik. Evaluasi secara rutin serta mengidentifikasi area yang perlu dilakukan perbaikan atau peningkatan.Konsep "melayani bukan dilayani" dapat meningkatkan pengalaman bersama yang dapat menciptakan ikatan yang lebih kuat serta memori yang lebih berkesan tentang makna kebersamaan dalam sebuah organisasi.

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun