MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK XI TJKT SMK MUHAMMADIYAH 2 SRAGEN DENGAN MENERAPKAN PEMBELAARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
Oleh :
Lucky Satrya Wiratama, S.Kom.
Mahasiswa PPG Dalam Jabatan Angkatan 2 Tahun 2023
NIM : X9023081747
A. Pendahuluan
Kegiatan  belajar  merupakan  kegiatan  yang paling  pokok  dalam  proses  pendidikan. Dalam proses belajar terdapat kegiatan-kegiatan belajar yang nantinya akan  sangat  mempengaruhi  hasil atau  output  dari  proses  pendidikan.  Kegiatan belajar  dinyatakan dalam Saputra, dkk (2018) adalah perubahan tingkah laku yang relatif mantap berkat latihan dan pengalaman. Setelah proses belajar selesai  dilakukan  akan  terjadi  perubahan tingkah  laku pada  peserta  didik. Hal  ini  dapat dilihat sebagai hasil belajar. hasil belajar merupakan hasil dari proses belajar berupa perubahan tingkah  laku pada  individu  yang  telahbelajar,  perubahan tingkah  laku tersebut  dapatdilihat pada bidang kognitif (pengetahuan), afektif(sikap),  dan  psikomotor  (keterampilan)  peserta didik  ke arah yang lebih baik.
Hasil  belajar  dapat  dijadikan  acuan  untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan peserta didik dalam berbagai  bidang  studi atau mata  pelajaran  yang ditempuhnya,  kemudian  dapat  diketahui  seberapa jauh  keefektifan  proses  belajar  yang  dilakukan dalam mengubah  tingkah  laku  para  peserta didik  ke arah tujuan  pendidikan  yang  diharapkan. Pendidik memberikan  penilaian  kepada para  peserta didik berupa perkembangan  dan  kemajuan dari pengetahuan, keterampilan, dan perubahan sikap yang diperoleh setelah peserta didik melakukan proses belajar.
Berdasarkan pengamatan dan wawancara kepada guru-guru SMK Muhammadiyah 2 Sargen, diperoleh bahwa hasil belajar peserta didik masih rendah salah satunya adalah peserta didik kelas XI TJKT.
Berdasarkan pengamatan, wawancara, maupun kajian literatur, rendahnya hasil belajar peserta didik disebabkan oleh:
- Faktor dari diri peserta didik sendiri. Peserta didik memiliki kemampuan dasar yang berbeda-beda sehingga tidak jarang mereka kesulitan terhadap materi pembelajaran tertentu. Hal ini berpengaruh pada motivasi belajar mereka yang bisa dikatakan rendah. Selain itu, kemampuan untuk berkonsentrasi selama pembelajaran pun berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik.
- Faktor Pendidik/Guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik/guru masih bersifat monoton, kurang bervariasi. Pendidik cenderung menggunakan metode yang sama untuk berbagai materi pembelajaran. Pendidik cenderung menggunakan metode yang kurang menarik dan membosankan, sehingga penyampaian materi pembelajaran belum dapat maksimal. Hal ini berpengaruh pada penerimaan materi pembelajaran oleh peserta didik, yang berakibat pemahaman terhadap materi menjadi rendah.
Dalam mencapai tujuan meningkatkan hasil belajar peserta didik, ada beberapa tantangan yang dihadapi dalam mencapai tujuan tersebut diantaranya:
- Peserta didik masih belum aktif selama pembelajaran.
- Peserta didik belum mengungkapkan gagasannya secara maksimal.
- Guru belum menerapkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.
- Guru belum terbiasa membuat media pembelajaran yang interaktif.
- Guru belum menerapkan pembelajaran yang bervariasi dan interaktif.