Mohon tunggu...
Angelo Lucky Budiman
Angelo Lucky Budiman Mohon Tunggu... Foto/Videografer - MAHASISWA

Mahasiswa Ilmu Komunikasi.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Multimedia, Fenomena Menyatunya Format-format Storytelling Jurnalistik

9 Februari 2020   23:02 Diperbarui: 12 Februari 2020   13:06 478
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Live Report yang merupakan hasil dari jurnalisme multimedia. Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=_B_c-iVc_io

Bergabungnya format-format menjadi satu menyebabkan terjadinya fenomena "Multimedia". Multimedia memberi dampak yang besar bagi industri jurnalistik karena kemampuannya memberi kekuatan pada aspek "storytelling".  

Kata "Multimedia" tentu tidak asing dalam kehidupan sehari-hari. Menurut Mark Deuze (2004, h.10) dalam jurnalnya yang berjudul "What is Multimedia Journalism?" , Multimedia dapat diartikan dalam dua hal. Definisi pertama, Multimedia merupakan penyajian berita yang dibentuk dalam paket yang terdiri dari dua format atau lebih, dan diterbitkan melalui website.

Format yang dimaksud adalah  audio, foto, tulisan, musik, dan animasi. Definisi kedua Multimedia menurut Mark Deuze adalah sebuah kesatuan berita yang disajikan melalui platform yang berbeda, seperti website, surel, radio, televisi, majalah, dan koran. 

Meskipun berbeda, kedua definisi tersebut memiliki inti yang sama, yakni multimedia menyatukan segala format yang dulunya terpisah menjadi satu, sehingga muncul konsep "konvergensi". Konvergensi Multimedia ini tidak hanya menyatu dalam formatnya saja, namun aspek-aspek eksternalnya juga, seperti pemasaran, promosi, penjualan, distribusi, hingga aktivitas dengan masyarakat. 

Karena sudah berkembang dengan pesat, multimedia yang terintegrasi sudah umum digunakan dalam industri entertainment, jurnalistik, dan penyiaran. Deuze (2004, h.141) memaparkan beberapa contoh pemanfaatan penuh konvergensi multimedia dalam dunia jurnalisme dan penyiaran: 

  1. Wartawan kini dapat mempresentasikan aspek-aspek beritanya di depan kamera yang kemudian disiarkan secara langsung dalam stasiun televisi

Live Report yang merupakan hasil dari jurnalisme multimedia. Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=_B_c-iVc_io
Live Report yang merupakan hasil dari jurnalisme multimedia. Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=_B_c-iVc_io

2. Foto-foto yang diabadikan oleh fotografer atau jurnalis kini dapat ditayangkan melalui website perusahaan mereka daripada dicetak. 

Salah satu wujud multimedia adalah foto-foto yang kini dapat diunggah ke sosial media secara online. Sumber: Instagram @anggertimur
Salah satu wujud multimedia adalah foto-foto yang kini dapat diunggah ke sosial media secara online. Sumber: Instagram @anggertimur

3. Ringkasan berita yang ditulis oleh wartawan kini dapat dimunculkan dalam surel ataupun sms. 

Ringkasan berita kini dapat ditemukan dimana saja, termasuk ponsel seluler. Sumber: https://apkpure.com/id/inshorts-60-words-news-summary/com.nis.app
Ringkasan berita kini dapat ditemukan dimana saja, termasuk ponsel seluler. Sumber: https://apkpure.com/id/inshorts-60-words-news-summary/com.nis.app

4. Media-media penyiaran dan percetakan kini dapat bergabung untuk mengerjakan suatu proyek, dimana mereka dapat berkumpul untuk mengedit dan mempresentasikan berita mereka melalui berbagai format. 

Kerjasama antara media merupakan hasil dari multimedia. Sumber: https://twitter.com/billboard_ina/status/1098508561036898309
Kerjasama antara media merupakan hasil dari multimedia. Sumber: https://twitter.com/billboard_ina/status/1098508561036898309

5. Berbagai karyawan yang bekerja dalam format cetak, penyiaran, dan online dapat bergabung untuk mengumpulkan informasi, menggali data-data, dan merencanakan penyebaran ke seluruh format media.

Ilustrasi pekerja pada industri media. Sumber: https://www.independent.co.uk/topic/office-work
Ilustrasi pekerja pada industri media. Sumber: https://www.independent.co.uk/topic/office-work


Meskipun konvergensi multimedia telah umum dipraktikkan dalam jurnalisme, riset-riset yang dilakukan di berbagai negara membuktikan bahwa penggunaan multimedia cenderung memproduksi ulang penerapan dan budaya jurnalistik yang telah ada. Hal tersebut dibuktikan dengan jarang digunakannya opsi-opsi interaktif dalam website media ataupun produk jurnalisme multimedia mereka. Interaktivitas Multimedia yang seharusnya terdapat dalam produk mereka seperti hyperlink malah ditemukan di luar portal media online mereka (2004:141). 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun