Pavlik (dalam Widodo, 2022, h.21)Jurnalisme online merupakan suatu jurnalisme kontekstual yang memiliki tiga fitur komunikasi.
Sistem media massa merupakan kajian penting dalam studi jurnalisme dan media.
Perkembangan jurnalisme online mengikuti perkembangan seiring adanya perkembangan teknologi yang semakin canggih.
Penyebaran informasi belum secanggih saat ini. Mengikuti era digitalisasi, penyebaran informasi mengikuti perkembangan zaman dengan menyebarluaskan informasi melalui media online atau menggunakan media massa.
Perkembangan Jurnalisme media dan Jurnalisme di Jepang berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat yang ada di Jepang.
Adanya perkembangan media massa di era digital saat ini sangat mempengaruhi jurnalisme.
Media jurnalisme di Jepang mempengaruhi kehidupan masyarakat yang berada di Jepang.Â
Masyarakat di Jepang dahulu hanya bergantung media cetak dan hingga saat ini beralih ke media online.
Seiring berkembangnya jurnalisme media online di Jepang ternyata tidak hanya di satu negara saja melainkan seluruh dunia juga  mengalami perkembangan.
Media massa di Jepang membagun situs-situs online yang semakin besar. Diberlakukannya tiga perusahaan pers di negeri Jepang untuk berbisnis informasi di internet.
Negara Jepang terdapat lima surat kabar nasional yaitu Asahi Shimbun, Nikkei, Sankei Shimbun dan Yomiuri.
Di dalam bidang penyiaran Jepang memiliki NHK yang merupakan media penyiaran yang terbesar.
Perkembangan teknologi menciptakan media massa baru yang berbasis internet.
Masyarakat di Jepang menjadi semakin tertarik dengan media massa karena dapat mempermudah dalam mencari informasi dan dapat memanfaatkan media online .
Perkembangan jurnalisme di Jepang dapat mempermudah dan sangat mempermudah pekerjaan manusia.
 Jenis-jenis media massa di jepang saat belum canggih yaitu majalah, surat kabar, televisi dan lain sebagainya.
Berkembangnya media di Jepang beberapa masyarakat Jepang masih menggunakan surat kabar hingga saat ini, karena masih beberapa orang termasuk para lansia masih kesusahan dalam memakai media massa.
Media di Jepang mencakup banyak jaringan radio, koran, televisi, majalah yang berada di negara Jepang.
Jurnalisme yang terkenal di media online di Jepang :
1.News On Japan merupakan website terbitan artikel mereka sendiri. Website ini mengumpulkan berita tentang Jepang dari banyak sumber, sehingga situs website ini mampu membuat bacaan yang berbeda.
Sumber: News On JapanÂ
2. The Japan News Merupakan situs versi bahasa Inggris dari Yomiuri online dan memiliki beberapa berita mendalam tentang Jepang.
3. The Asahi Shimbun merupakan suatu berita yang menjadi jadi salah satu tempat favorit update harian berita yang ada di  Jepang.
Sumber: The Asahi Shimbun
merupakan suatu website berita Jepang dan dapat serba digunakan seperti terdapat banyak artikel tentang hiburan, bisnis, olahraga, bisnis, serta berita nasional.
5. Japan Meteorological Agency merupakan suatu Website temtang otoritas cuaca nasional dari pemerintah Jepang, Badan Meteorologi Jepang. website satu-satunya tempat untuk memberi informasi tentang iklim, cuaca, iklim, dan gempa bumi.
6. Japan Today merupakan Website Jepang tentang berita- berita  nasional,bidang olahraga, bidang teknologi.
Sumber: Japan TodayÂ
7.Kyodo News merupakan kantor berita yang terkemuka di Jepang dan menjadi sumber berita paling komprehensif tentang Jepang
Sumber: Kyodo NewsÂ
8. The Mainichi merupakan sebuah website dari Jepang yang hanya berupa beberapa  cuplikan.
Sumber: The MainichiÂ
9. Japan Real Time merupakan suatu situs berita dengan gaya blog.
Sumber: Japan Real TimeÂ
Berbagai macam jurnalisme online di atas terdapat jurnalisme multimedia yang merupakan kombinasi dari berbagai jenis media. Jurnalisme multimedia tersebut yaitu NHK World
NHK merupakan suatu badan perusahaan media penyiaran yang berada di Jepang.
NHK didirikan tahun 1926 yang berdasarkan suatu model perusahaan radio Britania Raya, BBC.
NHK memulai siaran televisi tahun 1953 yang menayangkan siaran pertama yang berwarna di tahun 1960.
NHK merupakan perusahaan media di Jepang yang pertama untuk memperkenalkan penyiaran iklan terhadap televisi di Jepang.
Televisi NHK memulai siaran digital di tahun 2000.
NHK World World merupakan stasiun TV yang menggunakan bahasa Inggris yang tersedia di 130 negara.
NHK World Radio Japan menyiarkan menggunakan 18 bahasa dan dapat diakses dan di dengar oleh seluruh kalangan di seluruh dunia
NHK General Tv menyiarkan beberapa acara seperti :
1. Berita internasional, nasional, lokal
2. Berita cuaca yang berada di luar negeri dan dalam negeri
3. Analisis berita tentang topik yang sedang diperbincangkan dan tentang debat politik
4. Sumo - Tentang Pertandingan Grand Sumo
5. OlimpiadeÂ
6. Musik
7. Bisbol
8.DramaÂ
9. AnimeÂ
10.Komedi
11. Memasak
Versi audio dapat di klik disini!Â
Daftar Pustaka
Galbraith, P. W., & Karlin, J. G. (Eds.). (2016). Media convergence in Japan. Kinema Club.
Widodo, Y. (2020). Buku Ajar: Jurnalisme Multimedia. Yogyakarta: Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.