Kepanjangan dari Pembelajaran STEAM adalah Science, Technology, Engineering, Arts dan Mathematics. Pembelajaran Steam merupakan suatu pendekatan pembelajaran interdisipliner yang inovatif dimana IPA, teknologi, teknik, seni dan matematika diintegrasikan dengan fokus pada proses pembelajaran pemecahan masalah dalam kehidupan nyata, pembelajaran STEAM memperlihatkan kepada peserta didik bagaimana konsep-konsep, prinsip-prinsip IPA, teknologi, teknik, dan matematika digunakan secara terpadu untuk mengembangkan produk, proses, dan sistem yang memberikan manfaat bagi kehidupan manusia yang kompetitif (Sahih, 2015).
Contoh kegiatan STEAM di sekolah kami adalah seperti membuat Jus Jeruk dimana terdapat nilai STEAMnya adalah :
- Science       : Merasakan jus jeruk
- Technology   : Blender, pisau, talenan, perasan jeruk, gelas, sendok, gelas ukur
- Engineering  : Cara kerja membut jus jeruk
- Arts           : Menghidangkan jus jeruk dengan hiasan irisan jeruk dan diberi sedotan
- Mathematics : Menghitung berapa takar air, berapa sendok gula, berapa jeruk
Pembelajaran STEAM berpusat pada proyek dan berpusat pada peserta didik dimana anak lebih aktif dalam melakukan kegitan yang mereka inginkan, dimana guru hanya sebagai fasilitator. Dari pembelajaran ini guru dituntut juga lebih kreatif dalam menyajikan kegiatan main yang beragam bertujuan supaya anak tidak cepat bosan.
Teruslah Belajar !!!
Salam AMDG...Tuhan Memberkati
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H