Mohon tunggu...
KKN Untag Surabaya
KKN Untag Surabaya Mohon Tunggu... Guru - Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Akun khusus untuk mempublikasikan tulisan dari kegiatan KKN

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Media Pembelajaran melalui Permainan Ludo oleh Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 di Desa Dilem

6 Februari 2024   10:00 Diperbarui: 6 Februari 2024   10:29 46
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi pribadi

Tanggal: 20 Januari 2024Oleh: Arya Gilang Samudera

Mojokerto, 19 Januari 2024. Dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di era digital ini, sebuah inovasi baru muncul sebagai jawaban atas tantangan tersebut. Salah satu media pembelajaran yang bisa digunakan adalah permainan Ludo, dengan membawa suasana menyenangkan ke dalam kelas sambil tetap fokus pada pengembangan keterampilan kognitif siswa. Permainan Ludo, yang awalnya dikenal sebagai permainan papan klasik, telah diadaptasi menjadi media pembelajaran interaktif yang menggabungkan kesenangan dan pembelajaran. Tujuan dari media pembelajaran yaitu untuk membangkitkan minat belajar siswa, meningkatkan keterampilan kerjasama, dan merangsang berpikir strategis.

Pada hari Jum’at 19 januari 2024, mahasiswa UNTAG Surabaya melakukan pengabdian di SD Negeri Dilem, Kecamatan Gondang, Kota Mojokerto. Diawali dengan pemateri yang diberikan oleh Dosen Psikologi UNTAG Surabaya, yaitu Bapak Yuriadi S.Psi., MA. Beliau memberikan edukasi seputar pembelajaran kepada guru-guru SD Negeri Dilem. Setelah itu, Mahasiswa mengaplikasikan permainan Ludo kepada guru-guru dan siswa-siswa yang mengikuti acara tersebut. Dengan menggunakan papan Ludo, siswa tidak hanya belajar materi pelajaran, tetapi juga mengasah keterampilan kritis seperti pemecahan masalah, berpikir kreatif, dan mengambil keputusan secara cepat. Siswa-siswi pun memberikan tanggapan positif terhadap metode pembelajaran baru ini. Mereka menilai bahwa pembelajaran melalui permainan Ludo tidak hanya membantu mereka memahami pelajaran dengan lebih baik, tetapi juga menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan tidak monoton.

Media pembelajaran melalui permainan Ludo tidak hanya memanfaatkan teknologi modern, tetapi juga menciptakan pengalaman belajar yang berbeda dari metode konvensional. Metode ini mengintegrasikan elemen-elemen teknologi, seperti aplikasi dan platform online, untuk memperkuat pengajaran dan membuatnya lebih menarik bagi generasi muda yang tumbuh di era digital. Inovasi ini menjadi contoh bagaimana pendidikan dapat beradaptasi dengan perubahan zaman untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih efektif dan menyenangkan. Sebagai hasilnya, kita dapat melihat potensi bahwa media pembelajaran melalui permainan Ludo dapat menjadi norma baru dalam transformasi pendidikan.
#UntagSurabaya
#KitaUntagSurabaya
#UntukIndonesia
#UntagSurabayaKeren
#KampusKompeten

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun