Mohon tunggu...
KKN Untag Surabaya
KKN Untag Surabaya Mohon Tunggu... Guru - Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Akun khusus untuk mempublikasikan tulisan dari kegiatan KKN

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Melangkah Lebih Maju: Pengembangan Daya Tarik Melalui Inovasi Site Plan dan Strategi Pemasaran Kreatif di Wisata Kebun Pandansari

7 Februari 2024   00:34 Diperbarui: 7 Februari 2024   00:46 91
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
gambar dokumentasi pribadi

Mojokerto - Sektor pariwisata berperan penting sebagai sumber penerimaan devisa negara dan dapat mendorong pertumbuhan perekonomian nasional, terutama dengan menciptakan lapangan kerja, memperkuat ketahanan rantai nilai pariwisata di masa depan, dan meningkatkan produktivitas nasional. Sektor pariwisata sendiri merupakan salah satu sektor perekonomian yang dimanfaatkan pemerintah secara maksimal untuk memulihkan perekonomian negara pascapandemi.

Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya melakasanakan pengabdian masyarakat di DesaWonoploso, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto Dengan fokus pada tema "Penerapan Inovasi & IPTEKS Patriot Merah Putih Bagi Masyarakat," upaya ini bertujuan untuk memperkuat daya tarik pariwisata dan meningkatkan potensi usaha mikro di desa tersebut. Selama periode pengabdian ini mereka, para mahasiswa Untag telah mengenalkan berbagai inovasi baru yang bermanfaat bagi penduduk setempat.

Inisiatif yang dilakukan yaitu sebuah penyusunan karya desain berupa site plan dan pembuatan video promosi oleh Tasya Shakila, mahasiswa Ilmu Komunikasi. Tujuan dari program ini adalah untuk mengembangkan daya tarik wisata Kebun Pandansari. Proses ini didampingi langsung oleh Bapak Angga Dutahatmaja dari S.Kom., MM., sebagai Dosen Pendamping Lapangan. Melalui karyanya, Tasya berkontribusi terhadap minat masyarakat dengan membuat rencana wisata yang informatif untuk membantu wisatawan lebih memahami struktur Wisata Kebun Pandansari.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan diawali dengan pembuatan detail peta dari Wisata Kebun Pandansari dengan mencakup zona-zona penting dan potensi tempat wisata yang menarik. Lalu melakukan koordinasi dengan pemilik kebun dan pihak terkait untuk mendapatkan masukan dalam perencanaan site plan dan di sampaikan kepada pemilik kebun dan pihak terkait untuk mendapatkan persetujuan sebelum diterapkan. Selanjutnya, melakukan pemaparan mengenai strategi pemasaran dan melakukan pengambil foto dan video berkualitas tinggi dari tempat-tempat menarik di kebun Pandansari untuk digunakan dalam pembuatan video promosi yang disertai dengan skrip yang menarik dan informatif untuk video promosi, mencakup daya tarik utama kebun Pandansari, fasilitas, dan aktivitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Yang kemudian merilis video promosi secara strategis melalui berbagai platform media sosial dan situs web untuk meningkatkan visibilitas dan minat pengunjung.

domentasi pribadi
domentasi pribadi
Menurut ketua Kelompok 9 Tasya Shakila, menjelaskan bahwa "Saya berpendapat bahwa proker pengabdian masyarakat ini sangat penting dalam mendukung pengembangan daya tarik Wisata Kebun Pandansari. Dimana dalam pembuatan site plan akan membantu merencanakan tata letak secara optimal, sementara pembuatan video promosi akan menjadi alat efektif untuk memperkenalkan keindahan dan potensi wisata tersebut kepada masyarakat luas." ujarnya, Rabu (17/1). 

gambar dokumentasi pribadi
gambar dokumentasi pribadi
Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan pada karyawan Wisata Kebun Pandansari, khususnya bagian pengelola dapat mengenal lebih dekat mengenai digital marketing, utamanya pada promosi pariwisata dan pelayanan dalam mengenalkan letak wahana dan fasilitas kepada wisatawan melalui site plan yang telah dibuat. Dengan begitu, hal tersebut dapat mengembangkan potensi Wisata Kebun Pandansari, karena pada zaman ini pengusaha tidak hanya bersaing pada kualitas produk dan pelayanan, melainkan juga dari kreatifitas dan inovasi dalam melakukan promosi. Secara tidak langsung digital marketing akan menyebabkan penambahan jumlah pengunjung yang kemudian berpengaruh positif pada peningkatan pendapatan pada sektor pariwisata serta peningkatan perekonomian daerah. (Arjuno Widya Pratama)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun