Mohon tunggu...
L S P 3 I
L S P 3 I Mohon Tunggu... Dosen - Lembaga Studi Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan Indonesia (Institute for Policy Research and Development study Indonesian Education), adalah organisasi non profit pendidikan yang bergerak di bidang KAJIAN, STUDI & RISET.Tujuannya mewujudkan tatanan pendidikan Tinggi Indonesia yang berpegang kepada nilai-nilai peningkatan mutu serta relevansi dan efisiensi manajemen pendidikan untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional dan global.
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Lembaga Studi Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan Indonesia "untuk pengembangan dan kemajuan pendidikan tinggi Indonesia"

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

2 Tips Membangun Semangat Bekerja

9 Juli 2019   11:13 Diperbarui: 10 Juli 2019   05:17 25
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Keinginan untuk mengaktualisasikan kemampuan pengetahuan yang lebih besar seringkali menjadi alasan bagi banyak dosen untuk lebih rajin bekerja dan berkarya. Banyak hal lain yang dapat memicu semangat para dosen untuk menghasilkan kinerja yang lebih baik di kampus. 

Salah satunya adalah pengetahuan yang cukup terhadap tugas pokok, fungsi dan tanggungjawabnya yang diberikan, Itulah mengapa dosen yang memiliki kemampuan untuk menguasai dan menuntaskan tugas-tugas di kantor dapat memicu motivasi yang lebih tinggi. Sehingga mengatualisasikan diri lebih luas dalam menjalankan tugas profesinya.

Berikut tips yang ampuh buat membangun semangat bekerja.

1. Jadilah Pribadi yang Produktif yang Suportif

Pribadi yang produktif yang suportif ternyata bisa menjadi penyemangat tersendiri bagi diri sendiri , rekan kerja dan mahasiswa didik. Sebaliknya, seorang dosen yang memiliki gaya pasif dan otoriter seringkali menurunkan motivasi yang terbaik. Seorang dosen yang produktif dan mendukung rekan kerja dengan feedback positif juga cenderung lebih dihargai dan dihormati. Jadi, mengapa tidak memulai sesuatu yang yang lebih baik? Seperti mengubah cara kerja untuk kebaikan bersama.

2. Bangun Hubungan yang Baik

Hubungan yang berkualitas merupakan salah satu komponen penting dalam menentukan bahagia atau tidaknya seseorang di tempat kerja. Menurut Profesor psikologi dan bisnis, Dr. Jane Dutton, terdapat empat cara mudah untuk membangun hubungan baik. Pertama, jadilah pendengar yang baik dan saling mendukung dalam berkarir. 

Kedua, Anda dapat membantu rekan kerja dan orang orang disekitar kita dengan memberi dukungan, bimbingan, atau sekadar nasehat sederhana. Langkah berikutnya, saling percaya. Dan yang terakhir, saling lempar canda guna memicu emosi positif yang meningkatkan kreativitas. Dengan bangun hubungan yang baik dilingkungan kerja akan melahirkan lingkungan kerja yang menyenangkan, hasilnya tentu lebih semangat untuk bekerja.

Bila Anda melangkah maju pasti selalu ada jalan untuk lebih semangat dalam bekerja dan menyelesaikan tugas-tugas yang sudah menanti. Selamat kembali bekerja dan berkarya!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun