Penulis: Sri Zaniarti, Riki Martusa, Yolla Margaretha, Meythi, Henky Lisan Suwarno, Michael C. P. Pintu Batu, Fadil Andriansyah, dan Dennis Leonardo Rosli
Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan di Indonesia dan mendukung perekonomian Nasional. UMKM disadari telah  menjadi bagian dari prioritas program Pemerintah Indonesia saat ini. Perkembangan bisnis UMKM yang terus menerus akan menjadi barometer untuk pertumbuhan ekonomi pemerintah pasca pandemi Covid-19. Selain bentuk pemasaran dan jenis produk yang ditawarkan, ternyata proses desain produk menjadi penting sebagai topik bahasan pengembangan UMKM untuk menarik perhatian konsumen yang menjadi target pasar dari UMKM. Namun, pada era digital ini, para pelaku UMKM perlu memilih sarana yang tepat dalam memasarkan desain produknya kepada para konsumennya. Media sosial dan website menjadi sarana pemasaran yang lebih mumpuni dan memiliki potensi besar ke depan setelah pasca pandemi ini.
Potensi media sosial dan website yang mumpuni ini ternyata tidak serta merta menjadi sesuatu yang memudahkan pelaku UMKM dalam menjalaninya. Para pelaku UMKM juga mengalami kendala untuk mempelajari cara pemasaran melalui media sosial dan website secara tepat dan cepat. Alasan utama dari kendala tersebut karena mereka tidak mempunyai keleluasaan waktu dan sulit mendapatkan sumber informasi pengetahuan yang memadai untuk mempelajarinya. Oleh karena itu, Universitas Kristen Maranatha berkolaborasi dengan Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI menyelenggarakan Program Pembinaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Kemitraan Tahun 2023.
Para akademisi Fakultas Bisnis Universitas Kristen Maranatha bekerjasama dengan para praktisi bisnis yang tersebar di berbagai bidang usaha berupaya untuk berbagi pengetahuan dan keterampilan mengenai desain produk melalui media sosial dan website. Kolaborasi para dosen Universitas Kristen Maranatha dengan para praktisi bisnis sebagai pendamping UMKM ini dikemas dalam bentuk workshop berupa cara praktis melakukan persiapan dan teknik desain produk untuk ditampilkan melalui media digital. Workshop ini telah dilaksanakan selama enam kali kegiatan dengan berbagai topik yang dapat mendukung kegiatan usaha mereka sehingga dapat meningkatkan penjualan produk yang mereka upayakan.Â
Para pelaku UMKM dibekali mengenai tips-tips bagaimana mendesain produk yang menarik serta memilih media sosial dan website yang tepat untuk memasarkan produknya. Pada workshop tersebut, para pelaku UMKM juga diberikan waktu untuk mendemonstrasikan tips-tips mendesain produk secara langsung.
Hasil workshop ini membuat para pelaku UMKM menjadi lebih memahami bagaimana mendesain produk di media digital. Mereka menjadi lebih kompetitif dalam menyajikan produk sehingga lebih menarik konsumen. Diharapkan para pelaku UMKM juga dapat memasarkan produknya dalam jangkauan yang lebih luas dan efektif. Mereka belajar untuk memasarkan produknya pada generasi gen Z yang sebagian besar menghabiskan waktunya dengan di dunia digital, media social, dan internet. Kolaborasi dosen Universitas Kristen Maranatha dan praktisi bisnis ini diharapkan dapat menjadi perpanjangan tangan Pemerintah Indonesia dalam mendongkrak para pelaku UMKM khususnya di daerah Bandung sekitarnya. (ed.abe)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H