Globalisasi adalah suatu proses tatanan masyarakat yang mendunia dan tidak mengenal batas wilayah. Globalisasi pada hakikatnya adalah suatu proses dari pikiran yang dimunculkan, kemudian ditawarkan untuk diikuti oleh bangsa lain yang akhirnya sampai pada suatu titik kesepakatan bersama dan menjadi patokan bagi bangsa- bangsa di seluruh dunia.
Globalisasi tentunya telah menjadi keuntungan bagi pengusaha yang tengah meningkatkan jangkauan usahanya, sehingga diperlukan pengembangan secara materialistik dan logistik. Banyak sekali perusahaan yang mencoba meningkatkan usahanya ke luar jangkauannya, bahkan bisa sampai tingkat bilateral, regional, maupun internasional.
Pengembangan usaha ini tentunya dapat mengancam usaha-usaha lokal yang bersinggungan di area prospek pengembangan. Persaingan akan menjadi lebih sulit dan sengit, sedangkan kebutuhan masyarakat global tidak akan selamanya tinggi. Lebih parahnya lagi jika seorang pengusaha lokal tidak memahami situasi ekonomi yang sampai saat ini kian meluas.
Tentunya, prospek usaha yang sudah direncanakan sejak dulu gagal bukan? Sejauh ini, Anda masih punya jalan keluar, dengan move on dari lokasi Anda saat ini. Anda ingin jadi mekanik, jurnalis, atau developer? Apapun prospek usaha Anda pastinya jika lokasi Anda saat ini sudah memiliki banyak pesaing, tentunya Anda akan tersingkir, bukan? Maka dari itu, Anda perlu berpikir dua kali atau bahkan lebih, karena tempat yang akan Anda tuju, tentunya berbeda dari lokasi Anda saat ini.
Apa yang perlu dipersiapkan?
- Analisis Lokasi Tujuan
Lokasi tujuan Anda belum tentu sama seperti lokasi Anda saat ini. Bisa jadi target Anda adalah tempat yang memiliki perbedaan yang signifikan, seperti perbedaan budaya, cara berpakaian, bahkan bahasa. Tentu saja Anda perlu mempelajari semua hal tentang tujuan anda. Minimal, anda menguasai penggunaan bahasa dan tata krama lokasi tujuan. Anda bisa datang ke lembaga kebudayaan milik pemerintah, atau ke lembaga resmi bersertifikat DepDikNas, seperti Pandarin, LIA, atau Lpbat AsPac. Anda juga harus mempersiapkan biaya untuk perjalanan, biaya hidup, dan biaya pulang untuk berjaga-jaga jika Anda gagal move on. - Persiapkan Rencana/Plan Kerja
Analisis tidak cukup tanpa disertai usaha lanjutan. Tentu saja Anda mesti mempersiapkan rencana/plan usaha Anda matang-matang, jangan sampai Anda gagal di tengah hanya karena tidak ada plan yang pasti, kurangnya persiapan, atau prediksi yang terlupakan. - Periksa Dompet Anda
Mengapa? Saat ini, seseorang sudah tak lepas dari 'si kertas hijau' ini. Pindah sasaran kerja, tentunya sama dengan pindah rumah, move on perlu biaya yang tak begitu banyak, jika Anda merasa lokasi yang telah ditentukan memang aman dan peluang usaha Anda cukup besar. Sekarang jika Anda gagal dalam menemukan peluang atau terjadi sesuatu di luar dugaan? Tentu saja Anda perlu menilik lagi 'si kertas hijau' untuk tahap move on selanjutnya.
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H