Mohon tunggu...
masario
masario Mohon Tunggu... Lainnya - Pengembang Teknologi Pembelajaran BBGP Jawa Tengah

hobi nya baca, tulis tulis puisi, merangkum hasil belajar. seperti yang ditulis disini juga hasil belajar, jadi mohon maaf jika penulisannya sepotong sepotong

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Rancang Bangun Pembelajaran Digital Untuk Meningkatkan Keterampilan Problem Solver

27 Februari 2024   06:21 Diperbarui: 28 Februari 2024   09:04 656
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
persiapan guru LP Ario Nugroho

BAB 1  

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Lima tahun terakhir muncul sebuah trend yang mengarah dengan kebutuhan dunia kerja pada seseorang yang memiliki keahlian dalam memutuskan sebuah masalah. Keahlian ini biasa dikenal dengan istilah "Problem Solver".

Maraknya kebutuhan akan problem solver ini, sebenarnya juga sudah diakomodir oleh kementerian, hal ini ditengarai dengan berubahnya model soal yang muncul pada ANBK maupun model soal yang diberikan baik oleh TIMMS maupun PISA. Akan tetapi, belum semua guru mampu merespon perubahan ini.

Upaya memudahkan guru dalam membelajarkan peserta pembelajaran supaya menjadi problem solver adalah dengan memodelkan proses pembelajaran itu sendiri. Guru perlu diberi satu model pembelajaran yang melibatkan perangkat IT dan secara signifikan dapat meningkatkan keterampilan problem solver para siswa.

Untuk memenuhi kebutuhan akan model pembelajaran digital inilah, maka dirancanglah sebuah model pembelajaran yang dapat meningkatkan problem solver peserta pembelajaran. Model pembelajaran dikembangkan dalam bentuk kompleks, tujuannya supaya menjadi luwes dan memudahkan guru untuk berinovasi tentang model pembelajaran yang serupa, tetapi lebih sederhana.

Tujuan

Tujuan rancang bangun ini disusun adalah

  • Membuat sebuah inovasi pembelajaran digital berbasis pembelajaran kompleks
  • Membuat inovasi pembelajaran yang secara khusus dirancang untuk meningkatkan keterampilan problem solving peserta pembelajaran
  • Memberi inspirasi bagi guru untuk melakukan inovasi pembelajaran digital.

Sasaran

Sasaran dibuatnya rancang bangun pembelajaran digital ini adalah

  • Siswa sebagai subyek pembelajaran
  • Guru sebagai penerima manfaat
  • Tenaga kependidikan sebagai penerima manfaat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun