Mohon tunggu...
Lovely Johanes
Lovely Johanes Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - pelajar

✋🏻

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Manfaat Menulis Artikel dan Globalisasi

4 November 2022   19:31 Diperbarui: 12 November 2022   19:04 205
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Manfaat dari menulis artikel ternyata ada banyak. Utamanya, membuat dunia menjalankan globalisasi, berita yang mendunia, dan masih banyak lagi. Tanpa Google, Kompasiana, kita tidak bisa tau berita-berita unik. Contohnya berita Sambo, Stadium bola, kasus penjara dan kasus yang lainnya. Kita bisa membuat dunia ini globalisasi. Dengan cara, menulis artikel yang unik. 

Di sekolah Candle Tree, anak kelas 6ABCD diarahkan untuk membuat artikel di Blog, dan di Kompasiana. Ada juga klubnya. Klub Menulis CTS. Sudah banyak lho yang ikut! Satu kelas 6 bisa ada dua puluh lebih anak. Saya di kelas 6D ada dua puluh empat murid. Kalau kelas lain digabung dengan kelas kita, bisa sampai 96 murid. Satu angkatan kelas 6 sudah membuat cerita, diary, berita dan lainnya di Blog dan Kompasiana selama 13 hari. 

Selama 13 hari, sudah ada 730 artikel, termasuk saya. Saya membuat orang-orang mengetahui berita melalui Kompasiana. Saya senang untuk menulis artikel-artikel dan orang lain membacanya. Lalu apakah kamu tahu kalau ada akibat dari tidak ada globalisasi? Apa akibatnya kalau tidak ada globalisasi? Tanpa adanya globalisasi membuat sulitnya terjadi kerja sama antar negara. Sehingga, membuat kurang adanya persahabatan yang erat antar negara. Salah satu dampak lainnya, negara pun kurang berkembang, kurang bisa belajar tentang ilmu pemerintahan dan pengetahuan dari negara yang lebih maju. Suatu bangsa juga akan tertinggal zaman, teknologi, dan berbagai macam global yang ada di seluruh dunia. 

Pendapat saya, kita harus membuat globalisasi dengan sederhana. Contohnya, menulis saja artikel sama seperti saya! Ternyata, Kompasiana itu seru lho! Buktinya saya senang akan orang lain membaca artikel saya. Setiap hari, saya melihat profil saya, karena ingin melihat seberapa banyak yang melihat artikel saya. Itu mengapa kalau Kompasiana, menulis atikel itu seru!

Banyak dari kita, tidak tahu  kalau globalisasi juga ada dampak positif dan dampak negatifnya. Maukah kaliantahu, apa dampak negatif dan juga dampak positif dari globalisasi? Dampak positif bagi globalisasi semisal menciptakan suatu masyarakat di seluruh penjuru dunia dapat saling bergantung dalam berbagai bidang kehidupan. Globaliasasi juga memudahkan kita untuk berhubungan dengan masyarakat di negara-negara lain. Namun mengapa banyak sekali berita-berita hoax di sebuah artikel? Hal ini terjadi karena kesalahan informasi yang didapat dan tidak mencari sumber informasi yang lebih kredibel. Perpecahan ini bisa menimbulkan informasi yang salah namun orang lain tidak percaya dengan kebenaran yang diberitakan oleh hoax-hoax tersebut. Untuk dampak negatifnya, kita bisa mengenal beberapa berita dan globalisasi. Selain itu, kita bisa membagi pengalaman kita ke masyarakat semua. Semua orang akan melihat pengalamanmu. Saya yang bercerita dan membagi hal dari kelas enam, sudah ada 300 lebih yang baca. Apakah kalian bisa? Tentu saja kalian bisa!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun