Mohon tunggu...
Daniel Lovellino
Daniel Lovellino Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar

Automotive is my life

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Innova Zenix vs Innova Reborn

9 Februari 2023   00:37 Diperbarui: 9 Februari 2023   00:38 510
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Otomotif. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Generasi Toyota Kijang Innova sudah diluncurkan pada 21 November 2022 kemarin dengan nama All New Kijang Innova Zenix.  Kehadiran Innova Zenix ini mendapat antusias masyarakat, mengingat Kijang merupakan mobil yang sudah melegenda sebagai mobil keluarga Indonesia. Innova generasi terbaru ini sangat berubah total, mulai dari platform baru Toyota New Global Architecture (TNGA):GA-C dengan struktur sasis monokok menggantikan sasis ladder-frame. Berkat platform TNGA terbaru, Innova Zenix sudah pakai penggerak roda depan/front wheel drive (FWD). Mengingat Kijang Innova sejak pertama diluncurkan di Indonesia sudah menggunakan penggerak roda belakang/rear wheel drive (RWD).

Pada Innova Zenix ini, Toyota tidak menghadirkan mesin diesel, hanya ada varian mesin bensin dan mesin bensin hybrid. Innova Zenix varian 2.0 non hybrid, memiliki kapasitas mesin 1.987 cc 4-silinder berkode M20A-FKS Dynamic Force Engine dual VVT-i dengan tenaga yang dihasilkan sebesar 174 PS pada 6.600 rpm dan torsi 20,9 Kgm (204,9 Nm) pada 4.500-4.900 rpm. Untuk varian 2.0 hybrid, mesin berkapasitas 1.987 cc 4-silinder Dual VVT-i berkode M20A-FXS bertenaga 152 PS pada 6.000 rpm dan torsi 19,1 Kgm (187,3 Nm) pada 4.400-5.200 rpm. Ketika berjalan, kinerja mesin 1.987 cc 4 silinder Dual VVT-i Innova Zenix hybrid ini diperkuat oleh motor listrik yang meiliki daya sebesar 113 PS dan torsi 21 Kgm (205,9 Nm) tenaga gabungan dari mesin bensin dan motor listrik bisa mencapai 186 PS.

Tidak bisa di pungkiri bahwa Innova Reborn diesel masih banyak peminatnya di Indonesia, namun Toyota mengklaim hadirnya Innova Zenix hybrid di Indonesia ini memiliki keunggulan dibanding Innova Rebron diesel, yaitu tenaga yang dihasilkan lebih besar dan konsumsi bahan bakar yang lebih irit dan efisien. Konsumsi bahan bakar Innova Reborn diesel kira-kira adalah sekitar satu liter banding 14 km sekian (14 km/liter). Dengan teknologi hybrid, Innova Zenix mampu meraih konsumsi bahan bakar yaitu 1 liter banding 21 km (21 km/liter). Memang di atas kertas, tenaga Innova Zenix hybrid masih lebih besar dibandingkan Innova Reborn Diesel. Tapi soal torsi, Innova Reborn Diesel lebih unggul dibanding Innova Zenix Hybrid.

Tujuan Toyota untuk mengembangkan Innova Zenix hybrid ini adalah selain konsumsi bahan bakar yang jauh lebih irit, tetapi juga sebagai upaya untuk membuat mobil yang ramah lingkungan. Tetapi bagi anda penggemar Kijang Innova Diesel, tidak perlu khawatir karena Toyota masih menjual Kijang Innova Reborn dengan mesin dieselnya yang sangat melegenda tersebut.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun