Komunikasi adalah kunci utama, perekat inti bagi kemajuan perusahaan multinasional. Dengan keterampilan berkomunikasi yang tepat, perusahaan dapat tumbuh terus tanpa henti, menjadi suatu legenda. Buku ini adalah kitab penting, kompas yang dibutuhkan oleh setiap pimpinan perusahaan, pemegang saham, dan semua pihak yang menginginkan perusahaannya berkembang secara optimal.
Tiga perusahaan multinasional yang dikupas dalam buku ini adalah PT Unilever Indonesia Tbk (Eropa), PT Kao Indonesia (Jepang) dan PT Johnsons & Sons (Amerika).Meskipun membahas tiga perusahaan multinasional di Indonesia, prinsip- prinsip komunikasi yang terkandung dalam buku ini aplikatif untuk semua jenis perusahaan. Jadi memahami dan menerapkan teknik komunikasi yang tepat memungkinkan perusahaan berkembang menjadi perusahaan yang terus bertumbuh secara berkesinambungan.
Para Profesor, pakar dan praktisi di bidang ilmu komunikasi yang memberikan endorsement dalam buku ini sudah memberi legitimasi yang lebih dari cukup bahwa buku ini layak menjadi buku wajib perusahaan multinasional.
Perusahaan multinasional dikatakan dapat bertahan jika dapat melalui berbagai permasalahan yang muncul sehubungan dengan kegiatan bisnisnya di Indonesia. Maka, perusahaan memerlukan strategi komunikasi yang tepat dengan pemerintah, masyarakat dan secara internal di dalam perusahaan itu sendiri.
Komunikasi adalah peristiwa nyata yangterjadi dalam kehidupan kita sehari- hari. Melalui buku ini, Dr Dorien Kartikawangi membawa kita pada suatu perjalanan mendalam tentang dunia komunikasi. Berbagai istilah berbahasa Inggris dan analisis yang mendalam dalam buku ini menjadi mudah dicerna berkat gaya penulisan akademis dalam kerangka bahasa populer.
Sang penulis adalah peminat sejati ilmu komunikasi. Hal ini terbukti dari konsistensinya mengikuti pendidikan S-1, S-2, dan S-3 di bidang studi komunikasi. Membaca tujuh bab dalam buku ini akan memberikan pencerahan terhadap strategi komunikasi yang dapat Anda terapkan di perusahaan Anda.
Buku ini sesungguhnya akan jauh lebih mudah dicerna bila dilengkapi dengan ilustrasi dan kesimpulan atau ringkasan. Bagaimanapun juga, penulisan yang sistematis dan komprehensif membuat buku ini enak dibaca.
Di bab enam, penulis memaparkan kunci sukses perusahaan dalam membangun komunikasi dengan pemerintah. Pemahaman bersama, yang merupakan hakekat dari konvergensi. Hal ini ditandai oleh penajaman kesatuan dan kesamaan arah antara perusahaan dengan pemerintah. Konvergensi utama terletak pada pemahaman peraturan yang diberlakukan serta negosiasi dalam penyusunan peraturan baru. Alhasil, komunikasi bermuara pada dua hal, yakni mengurangi ketidakpastian dan menciptakan pemahaman bersama.
Di bab tujuh, dibahas tentang kunci sukses relasi dengan masyarakat. Terdapat berbagai cara, baik melalui program CSR (Corporate Social Responsibility), undian berhadiah, iklan, maupun berbagai cara kreatif lainnya. Kegiatan komunikasi ini pada akhirnya membangun citra positif perusahaan di mata masyarakat.
Bab penutup berisi inspirasi untuk para manajer. Sangat membuka wawasan ke arah perubahan dan perkembangan strategi komunikasi perusahaan ke arah yang lebih baik. Dr Dorien Kartikawangi telah membuktikan pengabdiannya di Perguruan Tinggi dengan melahirkan maha karya ini. Hasil penelitian ilmiah yang memerlukan dana besar dan konsentrasi tinggi terbukti tidak berakhir di rak sunyi perpustakaan kampus, melainkan menyeruak di tengah masyarakat dan perusahaan: menjadi lentera dalam kegelapan.
Resensi Buku
Judul: Tema Fantasi
Strategi Komunikasi Bisnis
Perusahaan Multinasional
Penulis: Dorien Kartikawangi
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: xxviii, 258 hal
Kategori: Komunikasi
Terbit: Desember 2013
Investasi: Rp 67,000
ISBN: 978-602-0300-504
Peresensi: Henri Lois
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H