Mohon tunggu...
Zahrotul Humairoh
Zahrotul Humairoh Mohon Tunggu... Mahasiswa | Penulis artikel pendidikan & akademik

Selamat datang! Akun ini berisi artikel seputar pendidikan, kurikulum, dan isu akademik, dengan perspektif kritis serta solusi berbasis penelitian.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Sudah Mengajar Bertahun-tahun, Tapi Siswa Masih Takut Matematika? Ini Solusinya!

28 April 2025   01:25 Diperbarui: 28 April 2025   01:25 38
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Sumber: Sura Nualpradid from Gatty.Image)

Siapa yang setuju kalau matematika sering dianggap "menyeramkan" oleh banyak siswa? Entah kenapa, pelajaran satu ini kerap kali dicap sulit, membingungkan, bahkan menakutkan. Tapi, tenang saja. Ada kabar baik bagi para guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, asalkan kita mau mencoba pendekatan yang berbeda, salah satunya dengan pembelajaran diferensiasi.

Apa itu Pembelajaran Diferensiasi?

Bayangkan Anda mengajar di kelas yang siswanya seperti warna-warni pelangi, sangat beragam, ada yang cepat menangkap konsep, ada yang butuh waktu lebih lama, ada yang suka belajar lewat gambar, ada juga yang lebih paham kalau lewat praktik langsung.
Nah, pembelajaran diferensiasi adalah seni mengakomodasi semua perbedaan itu. Bukan dengan membuat pelajaran yang serba sama, tapi dengan memberikan beragam pendekatan, strategi, dan penugasan sesuai kebutuhan siswa.

Kenapa Pembelajaran Diferensiasi Penting di Kelas Matematika?

Dalam pembelajaran matematika, satu soal bisa dipecahkan dengan banyak jalan. Kalau kita hanya menawarkan satu cara kepada semua siswa, maka yang merasa tidak cocok akan cepat menyerah. Tapi kalau kita bisa memberi opsi dalam belajar, siswa merasa dihargai  dan untuk untuk belajar.

Contohnya, saat belajar konsep luas bangun datar:

  • Untuk siswa visual: ajak mereka membuat poster berwarna-warni yang menjelaskan rumus.
  • Untuk siswa kinestetik: buat aktivitas mengukur benda-benda di sekitar kelas.
  • Untuk siswa yang suka berpikir abstrak: berikan soal-soal eksploratif atau tantangan olimpiade.

Bagaimana Cara Memulai?

Tidak perlu langsung berubah drastis. Mulailah dengan langkah kecil:

  1. Kenali Profil Belajar Siswa
    Gunakan angket sederhana atau observasi: siapa yang suka belajar lewat gambar? Siapa yang senang diskusi? Siapa yang lebih nyaman bekerja sendiri?
  2. Variasikan Penyajian Materi
    Bisa lewat cerita, video, proyek kecil, atau eksperimen. Jangan hanya terpaku pada buku teks.
  3. Beri Pilihan dalam Tugas
    Misal: siswa boleh memilih membuat mind map, menulis esai, atau presentasi singkat untuk menjelaskan materi.
  4. Berikan Umpan Balik yang Personal
    Jangan hanya kasih nilai. Beri komentar yang membangun dan memotivasi sesuai perkembangan masing-masing.

Dengan pembelajaran diferensiasi, kita bukan sekadar mengajar matematika. Kita membuka pintu bagi setiap anak untuk merasa mampu, percaya diri, dan akhirnya jatuh cinta pada logika angka.

Ingat, tidak ada cara belajar yang "satu untuk semua".
Dan, tidak ada kata terlambat untuk mulai membuat perubahan kecil yang berdampak besar.

Jadi, siapkah Anda menjadi guru yang membuat matematika terasa lebih dekat dan menyenangkan bagi semua siswa?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun