Mohon tunggu...
LIZA LINDAWATI
LIZA LINDAWATI Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWA PENERIMA BEASISWA BIDIKMISI || STP TRISAKTI || D4 HOTEL 2019

Mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti || Sebagai Penerima Beasiswa Bidikmisi Angkatan 2019 || Jurusan D-4 Perhotelan.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Riset Pasar

17 Februari 2023   09:22 Diperbarui: 17 Februari 2023   09:23 66
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

halo teman-teman perknalkan nama saya Liza Lindawati mahasiswi dari Sekolah Tinggi Pariwisata trisakti Jakarta, dan saya adalah salah satu mahasiwi penerima program beasiswa bidikmisi 2019.

Pengertian riset pemasaran adalah proses dimana kita melakukan pengumpulan suatu data dan informasi yang berkaitan dengan pemasaran itu sendiri. Dan hasil dari riset pemasaran ini dapat digunakan untuk meningkatkan peluang suatu bisnis, meningkatkan dan memantau kinerja pemasaran, serta mengatasi masalah yang muncul. Riset Pemasaran adalah proses yang perlu kita lakukan sebelum memulai suatu bisnis. Tujuannya adalah agar mendapatkan data yang objektif dan akurat, sehingga dapat dijadikan sebagai acuan untuk pengambilan keputusan. Dimana dalam proses ini meliputi pengumpulan data, melakukan observasi pasar, dan pengolahan data yang ada pada subjek penelitian di bidang pemasaran. Riset pemasaran dapat digunakan oleh siapa saja, dari bisnis kecil hingga perusahaan besar.

Riset pemasaran juga dapat merujuk pada proses mengidentifikasi, mengumpulkan, merekam, dan menganalisis data/informasi pemasaran untuk mengidentifikasi dan menentukan peluang dan masalah. Tugas seorang peneliti pasar adalah menganalisis pasar dan memahami potensi perusahaan untuk memasuki pasar. Disini kita sebagai pelaku bisnis kita akan dituntut untuk bertanggung jawab membantu perusahaan mencari tahu produk apa yang ingin meraka jual, siapa target audiens mereka, dan bagaimana cara memasarkannya sehingga dapat di terima oleh konsumen di pasaran. Tujuan dari riset pemasaran itu sendiri yaitu untuk menyoroti, memahami konsumen sebagai salah satu wawasan atau masukan terpenting bagi perusahaan. Dengan memahami konsumen, bisnis akan mengetahui apa kebutuhan dan keluhan mereka.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun