Mohon tunggu...
LIZA LINDAWATI
LIZA LINDAWATI Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWA PENERIMA BEASISWA BIDIKMISI || STP TRISAKTI || D4 HOTEL 2019

Mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti || Sebagai Penerima Beasiswa Bidikmisi Angkatan 2019 || Jurusan D-4 Perhotelan.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Apa Itu Pemasaran Perhotelan dan Pariwisata

24 Oktober 2022   16:10 Diperbarui: 24 Oktober 2022   16:11 271
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

hai readers perkenalkan nama saya Liza Lindawati mahasiswi dari Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jakarta, dan saya adalah satu satu penerima program beasiswa bidikmisi 2019'.

Penjualan dan Pemasaran

Dalam industri perhotelan, pemasaran dan penjualan sering dianggap sama, dan pada kenyatanya penjualan dan pemasaran  mempunyai arti yang berbeda yang dimana penjualan lebih mengarah kepada penjualan yang menghasilkan lebih banyak  keuntungan yang sangat besar. Sedangakan pemasaran adalah lebih mengarah kepada pemasaran suatu produk semacam promosi agar menarik pelanggan supaya tertarik terhadap produk yang jika jual.

Bauran pemasaran harus seperti itu, perpaduan bahan untuk menciptakan produk/layanan yang efektif package untuk target pasar. Ini tidak berarti bahwa penjualan dan promosi tidak penting. Penjualan dan promosi adalah bagian dari bauran pemasaran yang lebih besar, seperangkat alat pemasaran yang bekerja sama untuk menghasilkan pelanggan yang puas. Satu-satunya cara menjual dan mempromosikan akan efektif adalah jika kita terlebih dahulu menentukan target dan kebutuhan pelanggan dan  kemudian menyiapkan paket yang mudah diakses dan tersedia.

Tujuan kita melakukan segmentasi pasar sebulum melakukan penjualan dan promosi adalah supaya mempermudah kita dalam membedakan pasar yang dimana pada saat kita memasarkan produk yang akan kita jual maka jika membutuhkan pemilihan pasar yang beragam dan juga lebih mempermudah kita memahami kebutuhan dan minat konsumen. Yang selanjutnya strategi pemasaran lebih terarah dengan kita melakukan pengelompokan pasar maka sebuah hotel atau perusahaan bisa mengarahkan dana dan juga usahanya ke pasar yang memiliki potensial dan lebih menguntungkan termasuk Menyusun bauran pemasaran yang terdiri dari harga, promosi dan saluran distribusi.

Importance of Marketing Industri perhotelan adalah salah satu industri besar dunia & di AS, pemberi kerja terbesar kedua. Masuknya raksasa perusahaan ke pasar perhotelan mengubahnya dari industri mom-and-pop menjadi industri toan sekarang didominasi oleh rantai Sebagai tanggapan terhadap tekanan persaingan yang berkembang, jaringan hotel lebih mengandalkan direktur pemasaran. Sementara direktur pemasaran adalah pemasar penuh waktu, semua orang harus menjadi pemasar paruh waktu.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun