hai readers perkenalkan nama saya Liza Lindawati mahasiswi dari Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jakarta, dan saya adalah satu satu penerima program beasiswa bidikmisi 2019'.
Penjualan dan Pemasaran
Dalam industri perhotelan, pemasaran dan penjualan sering dianggap sama, dan pada kenyatanya penjualan dan pemasaran  mempunyai arti yang berbeda yang dimana penjualan lebih mengarah kepada penjualan yang menghasilkan lebih banyak  keuntungan yang sangat besar. Sedangakan pemasaran adalah lebih mengarah kepada pemasaran suatu produk semacam promosi agar menarik pelanggan supaya tertarik terhadap produk yang jika jual.
Bauran pemasaran harus seperti itu, perpaduan bahan untuk menciptakan produk/layanan yang efektif package untuk target pasar. Ini tidak berarti bahwa penjualan dan promosi tidak penting. Penjualan dan promosi adalah bagian dari bauran pemasaran yang lebih besar, seperangkat alat pemasaran yang bekerja sama untuk menghasilkan pelanggan yang puas. Satu-satunya cara menjual dan mempromosikan akan efektif adalah jika kita terlebih dahulu menentukan target dan kebutuhan pelanggan dan  kemudian menyiapkan paket yang mudah diakses dan tersedia.
Tujuan kita melakukan segmentasi pasar sebulum melakukan penjualan dan promosi adalah supaya mempermudah kita dalam membedakan pasar yang dimana pada saat kita memasarkan produk yang akan kita jual maka jika membutuhkan pemilihan pasar yang beragam dan juga lebih mempermudah kita memahami kebutuhan dan minat konsumen. Yang selanjutnya strategi pemasaran lebih terarah dengan kita melakukan pengelompokan pasar maka sebuah hotel atau perusahaan bisa mengarahkan dana dan juga usahanya ke pasar yang memiliki potensial dan lebih menguntungkan termasuk Menyusun bauran pemasaran yang terdiri dari harga, promosi dan saluran distribusi.
Importance of Marketing Industri perhotelan adalah salah satu industri besar dunia & di AS, pemberi kerja terbesar kedua. Masuknya raksasa perusahaan ke pasar perhotelan mengubahnya dari industri mom-and-pop menjadi industri toan sekarang didominasi oleh rantai Sebagai tanggapan terhadap tekanan persaingan yang berkembang, jaringan hotel lebih mengandalkan direktur pemasaran. Sementara direktur pemasaran adalah pemasar penuh waktu, semua orang harus menjadi pemasar paruh waktu.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H