TikTok merupakan sebuah platform media sosial yang berkecimpung atau terfokus pada pembuatan dan berbagai video pendek atau singkat serta foto. TikTok telah berkembang dengan sangat cepat dan pesat jika dibandingkan dengan YouTube dan Facebook yang hingga kini masih memiliki jumlah pengguna yang cukup banyak.
Fitur utama yang paling unggul dari TikTok ialah memungkinkan para pengguna untuk membuat dan membagikan konten baik dalam bentuk video maupun foto yang disertai dengan alunan musik dan memiliki efek-efek atau filter yang beragam. (Iskandar, 2024)Kehadiran Tiktok sudah menjadi bagian yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari terutama di kalangan kaula muda.
TikTok memiliki beberapa peran yang cukup penting dalam keseharian dalam hal hiburan, mengekspresikan diri atau kreativitas, pembelajaran atau edukasi, serta marketing dan mempromosikan suatu hal baik barang maupun jasa. (Alghifari, 2020)
Tren serta Dampak dari Tren Media Sosial TikTok
Kala ini, TikTok tengah menjadi media sosial yang sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari yang meliputi musik pop, ataupun challenges yang dibuat oleh para pengguna yang kemudian viral. Selain itu, media sosial ini sudah menjadi wadah bagi konten video dalam kategori edukasi, meme atau humor, kuliner, dan juga konten yang sesuai dengan persona dari para penggunanya.
Menurut Benjamin Soubies, Managing Director, APAC & Japan, Talkwalker, TikTok mempunyai “keunikan” tersendiri yang tidak dimiliki oleh kompetitornya. “Kami melihat konten TikTok digunakan kembali (dibagikan ulang) di media sosial lainnya,” ujar Benjamin. (Dwi, 2023)
TikTok sebagai media sosial dan platform penghasil tren yang cukup besar dan digunakan oleh banyak orang saat ini tentu saja memiliki dampak yang cukup luas dan besar, hal ini meliputi industri musik, fashion, dan pendidikan atau edukasi. TikTok sudah membantu banyak orang dari setiap kalangan mulai dari artis, desaigner, serta pendidik guna menjangkau penonton atau khalayak yang lebih luas.
Akan tetapi, seperti layaknya teknologi-teknologi lain, TikTok pun memiliki dampak negatif, seperti terkadang ada saja konten tidak senonoh, berbahaya, dan tidak pantas menjadi viral. Hal ini merupakan sebuah tantangan bagi media sosial tersebut agar dapat memfiltrasi konten yang bisa berdampak buruk bagi khalayak.
Jika dilihat secara keseluruhan, TikTok sudah menimbulkan dampak dan perubahan besar dalam cara khalayak berkomunikasi dan berinteraksi di media sosial, dengan perkembangan yang cepat serta pengaruh yang luas, seharusnya TikTok bisa menjadi media sosial yang besar dan mengalahkan Facebook maupun YouTube di waktu mendatang. (Kartini, 2023)
Menggunakan Tren TikTok untuk Pemasaran
TikTok merupakan platform media sosial yang populer di kalangan generasi muda, menawarkan peluang pemasaran melalui tren-tren yang sedang berlangsung. Mengikuti tren, seperti dance challenge, ataupun lagu-lagu populer dapat meningkatkan visibilitas konten yang diunggah. Selain itu, menciptakan tren tersendiri dan beriklan di TikTok pun merupakan strategi yang efektif.