Mohon tunggu...
Listyarini
Listyarini Mohon Tunggu... Guru - senyum untuk mendidik

mendidik dengan integritas

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi mingguan Modul 1.3

26 Juli 2024   05:08 Diperbarui: 26 Juli 2024   05:10 196
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

CGP A11 Kota Kediri

Jurnal Refleksi Dwi mingguan - Modul 1.3

 Oleh: Listyarini Intanti

Pada jurnal refleksi di modul 1.3 ini saya menggunakan model 4F yang merupakan model refleksi yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway yaitu Fact (Peristiwa), Feeling (Perasaan), Findings (Pembelajaran), Future (Penerapan).

 

Fact (Peristiwa)

Pada minggu ini saya mempelajari tentang Visi Guru Penggerak yang diawali "M E R D E K A". 

Kata tersebut dijabarkan sebagai rangkaian kegiatan  Mulai dari diri, Eksplorasi konsep, Ruang kolaborasi, Demonstrasi kontekstual, Elaborasi pemahaman, Koneksi antar materi dan Aksi nyata.

Feeling (Perasaan)

Saya sangat antusias dan bersemangat untuk mempelajari modul ini, yang mana membahas tentang Visi Guru Penggerak. Materi ini sangat bermanfaat dan membantu saya merumuskan tujuan dan visi saya dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila pada murid saya.

Findings (Pembelajaran)

Di modul 1.3 ini saya mendapat pembelajaran tentang bagaimana merumuskan visi, menyusun prakarsa perubahan dalam tahapan "BAGJA" serta mengkaitkan peran pendidik dengan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Profil Pelajar Pancasila dengan Paradigma Inkuiri Apresiatif.

Future (Penerapan)

Langkah penerapannya dengan berkompromi dan berkolaborasi bersama rekan-rekan guru dan kepala sekolah dalam merumuskan visi sekolah yang sesuai Profil Pelajar Pancasila dimana pembelajaran berpihak pada murid. Selanjutnya menjalankan rencana manajemen perubahan yang telah dibuat berdasarkan pendekatan Inkuiri Apresiatif (IA). 

Sumber: Ringkasan Tahapan
Sumber: Ringkasan Tahapan "BAGJA" Modul 1.3

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun