Mohon tunggu...
Listyarini
Listyarini Mohon Tunggu... Guru - senyum untuk mendidik

mendidik dengan integritas

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengalaman Belajar Bermakna

10 November 2020   14:23 Diperbarui: 10 November 2020   14:46 408
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Dalam kehidupan ini tak lepas dari kata belajar dalam hidup seseorang. Setiap individu harus belajar untuk meningkatkan kemampuannya baik hardskill maupun softskill. Dimulai dari pendidikan usia dini sampai perguruan tinggi bahkan setelah melampaui perguruan tinggi pun terus belajar sepanjang hayat. Pengalaman saya selama belajar adalah dimana dalam pembelajaran yang saya ikuti itu memberikan banyak pengetahuan yang begitu bermanfaat dalam kehidupan saya. Pendidikan bertujuan memberikan bekal kemampuan dasar bagi seorang peserta didik supaya mengembangkan kehidupannya sebagai anggota masyarakat dan warga negara. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi pada abad 21 ini begitu penting saya rasakan. Terlebih lagi menghadapi era pandemi seperti sekarang ini, sudah menjadi sebuah tuntutan bagi setiap pribadi untuk menguasai paling tidak satu platform yang berguna bagi pengembangan pengetahuaannya dalam mengikuti pembelajaran daring. Hal yang sering saya hadapi saat pembelajaran daring diantaranya adalah masalah sinyal, dimana sulit sekali mendapatkan sinyal yang stabil untuk mendukung pembelajaran. Selain itu ketersediaan paket internet untuk terlaksananya pembelajaran daring tidak bisa dibilang sedikit, banyak sekali pengorbanan yang harus dilakukan dalam melaksanakan pembelajaran selama masa pandemi ini. Segala aspek pendidikan mengalami perubahan yang sangat signifikan, sehingga perlu penyesuaian yang tidak sebentar. Terkadang terpikirkan bagaimana dengan sisi lain masyarakat yang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya saja sudah sulit. Pemerintah telah memberikan bantuan kuota belajar dan dana bagi mereka yang memerlukan. Namun tetap ada saja oknum yang kurang bijaksana dalam menyampaikan amanat pemerintah ini.

Pada saat sekarang ini, pembelajaran daring merupakan alternatif terbaik untuk melaksanakan pembelajaran dari rumah yang aman. Protokol kesehatan dari pemerintah harus tetap dipatuhi agar terhindar dari covid19. Kuota internet menjadi kebutuhan utama sehari-hari. Dalam 1 bulan ini saya sudah menghabiskan lebih dari 45 Gb untuk pembelajaran. Padahal hari-hari sebelumnya 2 Gb sudah dapat dipakai selama satu bulan. Segala sesuatu yang telah terjadi pada hari ini tentu ada makna yang dapat kita petik. Sisi positifnya kita menjadi dekat dengan keluarga. Rasa kekeluargaan dan persatuan menjadi semakin erat seiring dengan kebersamaan kita dalam melawan covid19. Bumi kita juga kembali hijau dan berkurangnya polusi udara yang menjadi masalah dunia selama ini. Untuk itu harus tetap kita syukuri karena dibalik kesedihan ada kebaikan yang terjadi. Walaupun di tengah pandemi kita harus tetap semangat belajar dari rumah. Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran yang saat ini sedang saya pelajari, diharapkan mampu memberikan pengalaman belajar bermakna bagi setiap peserta didik. Variasi metode pembelajaran kiranya dapat mendorong semangat belajar dan ketertarikan terhadap pembelajaran daring. Pada intinya setiap pembelajaran yang saya rancang adalah berfokus pada peserta didik, dengan memperhatikan kebutuhan peserta didik dalam belajar di kelas. Saya menekankan pembelajaran softskill yang menurut saya ini sangatlah penting dikuasai peserta didik untuk menghadapi situasi pandemi sekarang ini. Peserta didik harus tetap semangat belajar dan dapat mempelajari hal-hal baru untuk mendapatkan pengetahuan berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Besar harapan saya, bahwa pembelajaran ini dapat menjadi manfaat bagi semua individu dalam belajar mandiri dari rumah. Dalam peningkatan hasil belajar peserta didik saya ingin memberikan inovasi baru dalam pembelajaran. Untuk itu perlu saya pelajari lebih mendalam platform yang dapat membatu saya dalam mewujudkan harapan saya. Sejauh ini, yang saya amati peserta didik sangatlah tertarik pada pembelajaran kuis berbasis online. Untuk hal itulah saya juga semakin bersemangat untuk belajar dan memberikan pembelajaran. Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu saya dalam melaksanakan pembelajaran bermakna.

Kedri, 10 Nopember 2020

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun