Mohon tunggu...
Bayu Listiaji
Bayu Listiaji Mohon Tunggu... -

mantan jurnalis yang ingin tetap menulis

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Kalau Gw Penguasa, Korupsi gak Ya?

7 Januari 2012   13:07 Diperbarui: 25 Juni 2015   21:12 54
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Hehehe .. malem-malem begini lagi surfing di internet. Hampir semua situs berita isinya koment yang mengutuk korupsi dan tentu koruptornya. Tiba-tiba terpikir, ini kan masalah kesempatan untuk korupsi. Kebetulan si koruptor punya kesempatan untuk korupsi. Kemudian kesempatan itu dilaksanakan dengan baik.

Lalu mereka yang menghujat koruptor, katakanlah dari 100 penghujat, seberapa banyak dari mereka yang punya kesempatan untuk korupsi. Lalu dari sekian yang punya kesempatan itu, berapa banyak yang benar-benar tak mau korupsi. Gw rasa ketemu 1-2 orang yang punya kesempatan korup tapi tak mau korupsi, itu saja sudah hebat.

Lalu balik lagi ke gw. Gw lagi bayangin, bila tahu-tahu ada orang datang ke gw karena kekuasaan gw dan membawa sekoper duit ... hmmmm .... ambil gak tuh duit ya? Dengan catatan, duit itu tak bisa dilacak PPATK, tak tercium oleh KPK, tak ketahuan sesama penguasa, pokoknya dijamin aman. Gimana dong, ambil gak tuh duit?

Jadi gw pikir, ini semua hanya masalah kesempatan saja. Bila saja mereka para penghujat korupsi diberikan kesematan untuk korupsi yang aman dan nyaman. Akankah mereka juga dengan lantang menolak untuk korupsi?

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun