Mohon tunggu...
Listhia H. Rahman
Listhia H. Rahman Mohon Tunggu... Ahli Gizi - Ahli Gizi

Lecturer at Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Holistik ❤ Master of Public Health (Nutrition), Faculty of Medicine Public Health and Nursing (FKKMK), Universitas Gadjah Mada ❤ Bachelor of Nutrition Science, Faculty of Medicine, Universitas Diponegoro ❤Kalau tidak membaca, bisa menulis apa ❤ listhiahr@gmail.com❤

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Gabung di Sanggar Tari? Tidak Ada Kata Terlambat untuk Belajar!

3 April 2018   22:24 Diperbarui: 3 April 2018   22:32 1819
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lebih baik sekarang, daripada tidak sama sekali dan benar-benar menyesal karena tidak belajar dan melupakan

Sedikit Cerita...

Empat bulan belakangan akhirnya salah satu tujuan saya terealisasi .Tujuan yang juga menjadi alasan mengapa saya menjadikan kota ini sebagai pelabuhan berikutnya setelah Semarang. Ya, akhirnya saya bergabung di sebuah sanggar tari di kota Jogja- yang pada awalnya saya juga belum menentukan akan melabuhkan diri ini dimana--.

Diantara banyaknya pilihan sanggar yang bertebaran, saya menjatuhkan pada sebuah sanggar yang tidak terlalu jauh dari kosan , sekitar 6 kilometer saja. Alasan lain yang mendukung juga karena waktu belajar di sanggar yang saya rasa cocok dengan jadwal saya yang tidak  bisa diprediksi.

Meski sudah terhitung selama empat bulan bergabung, nyatanya saya bukanlah siswa yang bisa dibilang rajin. Dalam sebulan, dua kali datang dari empat kali jadwal yang sudah ditentukan, bagi saya sudah "Alhamdulilah". Alasannya memang sangat klasik, kesibukan kuliah saya dan seperti yang sudah saya katakan yaitu jadwal kuliah saya memang tidak bisa diprediksi, berubah setiap minggu.Apalagi jadwal hari yang saya pilih memang hari dimana menjadi padat adalah wajar, Senin.  Bahkan saking sering bolong (maksudnya tidak datang), Mbak pelatih pernah mengatakan saya ini  "nyempil", terselip. Hehe.

Untunglah, selama empat bulan pembelajaran dan sampai tiba waktu ujian,  materi tari yang diajarkan bisa saya ikuti dan selesaikan. Walau beberapa gerakan yang diajarkan sewaktu saya tidak datang, saya rasakan sendiri masih wagu, masih sering mendapat koreksi. Dan benar saja kekhawatiran saya, sewaktu ujian dua minggu lalu beberapa gerakan yang terekam di video saya amati memang ada yang tidak sesuai hitungan. Maap.

Usia (yang tidak lagi) Imut

Terlepas dari proses latihan, ada yang ternyata menarik juga untuk dibicarakan. Usia teman-teman saya di sanggar.

Ternyata usia saya memang tidak lagi bisa dikatakan imut lagi, walaupun kalau mau dinilai secara fisik sebenarnya tidak terlihat juga. Masih pantas dikatakan seumuran mereka-mereka yang ternyata sangat muda, kelahiran 2000-an. #ngarep Ya, sebenarnya kaget saya itu tidak perlu, sebab jelas dalam syarat untuk bergabung di sanggar tidak ada batas usia. Hanya memang dibedakan untuk kelas-kelasnya saja.

Usia ini jugalah yang sempat membuat saya minder. Minder dalam artian "kok saya gak punya temen seumuran,ya". HAHA. Aplagi setelah didata, ternyata di kelas yang saya ambil --tari jawa klasik- ada yang masih duduk dibangku putih biru. Ampun, muda sekali jadi malu ngitung umur.

Untungnya, minder itu tidak lalu membuat saya tidak berangkat dan berhenti. Sebab ada sisi postifnya juga saya berada diposisi seperti ini yaitu dari mereka yang muda bingits, saya seharusnya lebih semangat. #gayakkkk Untungnya lagi, semakin banyak waktu saya habiskan disini, fakta-fakta lain lambat laun terungkap. Ternyata saya tidak benar-benar sendiri, masih ada juga yang seumuran atau yang lebih membuat salut bahkan ada yang usianya diatas saya,mungkin cukup jauh beberapa tahun. #nyaritemenyeteteup

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun