https://drive.google.com/file/d/16fZtW5OY5jEnkohlQm7UM2LP47k0DADU/view?usp=drive_link
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI melalui Model Belajar Kooperatif Tipe STAD (Student Teams-Achievement Divisions) di Kelas 5 SDN 2 SukapuraÂ
Â
Lismiati1*,Â
(1) Mahasiswi PPG PAI Batch 2 Tahun 2004, LPTK UIN WALISONGO SEMARANG
* Corresponding author
(lismiati55@guru.sd.belajar.id)
Abstrak
Â
Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN 2 Sukapura mengalami kendala dalam mencapai hasil belajar yang maksimal, terutama pada materi beriman kepada hari akhir. Siswa sering kesulitan dalam memahami konsep dan penerapan iman kepada hari akhir, yang berakibat pada rendahnya nilai siswa dalam evaluasi. Berdasarkan observasi awal di SDN 2 Sukapura, khususnya pada kelas 5, data dari hasil ulangan harian menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM/KKTP yang telah ditetapkan, yaitu 70, dengan rata-rata nilai ulangan harian sebesar 62,1. Peneliti telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar di kelas 5, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Model pembelajaran ini merupakan pendekatan Cooperative Learning yang menekankan pentingnya aktivitas dan interaksi antar siswa untuk saling memotivasi dan membantu dalam memahami materi pelajaran demi mencapai prestasi yang optimal. Oleh karena itu, penulis membuat judul penelitian  tindakan kelas yang berjudul "Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI Materi Beriman kepada Hari Akhir melalui Model Belajar Kooperatif Tipe STAD (Student Teams-Achievement Divisions) di Kelas 5 SDN 2 Sukapura Semester Genap Tahun Ajaran 2024/2025".
Kata Kunci: Hasil Belajar, Cooperative Learning , STAD (Student Teams-Achievement Divisions)