Mohon tunggu...
LISA UMAMI
LISA UMAMI Mohon Tunggu... Guru - GURU

"URIP IKU URUP"

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 2.1_Pembelajaran Berdiferensiasi

30 Agustus 2024   23:10 Diperbarui: 30 Agustus 2024   23:22 13
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Assalamu allaikum wr wb

Salam dan Bahagia!

Salam sejahtera bagi Bapak Ibu guru hebat semuanya.

Kembali saya akan menulis tentang Jurnal Refleksi Dwi Mingguan modul 2.1 pembelajaran berdiferensiasi yang merupakan pembelajaran untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid.  Tulisan ini mewakili perasaan saya, gagasan dan pengalaman saya selama mempelajari materi pada modul 2.1 serta praktik baik yang telah saya dilakukan di sekolah tempat saya mengajar.

Suatu hal yang luar biasa bagi saya karena berkesempatan dalam mengikuti Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 11 yang memberikan pengalaman batu dan sangat berharga bagi saya, dimana saya dapat mempelajari, mempraktikan, dan berbagi praktik baik kepada rekan guru di sekolah maupun rekan rekan sejawat saya di luar sekolah.

  1. Peristiwa yang saya alami selama mempelajari modul 2.1

Aktivitas pertama yang saya alami dalam mempelajari modul 2  yaitu Test Awal Paket Modul 2, kemudian dilanjutkan aktivitas pembelajaran di LMS dimulai dengan Mulai dari diri, Eksplorasi konsep tentang pembelajaran untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid. Saya mengutip pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang "berhamba pada murid". Di mana kita sebagai seorang guru menghambakan diri kita kepada murid yang artinya menaruh rasa hormat dan siap melayani kebutuhan murid dalam pembelajaran. Seperti kita ketahui bersama bahwa murid murid kita memiliki karakteristik yang unik dan berbeda beda sehingga kebutuhan belajar mereka pastinya berbeda beda. Nah disinilah pentinya kita mempelajari dengan sungguh sungguh tentang Pembelajaran Berdiferensia secara mandiri. Selanjutnya saya mengikuti Ruang Kolaborasi modul 2.1 tentang diskusi kelompok dan dilanjutkan mempresentasikan hasil kolaborasi pada pertemuan sebelumnya. Pada saat ruang kolaborasi modul 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi kami dibagi berkelompok sesuai jenjang pendidikan yang kami ajarkan disekolah. Saya dan ketiga CGP yang mengajar di SD  terdiri dari bu Ririn, bu Nurun, dan bu Dewi

  1. Perasaan saya saat mempelajari modul 2.1

Saya merasa bersemangat dalam mengikuti seluruh aktivitas pembelajaran modul 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi meskipun banyak waktu saya tersita untuk persiapan filoting PPG dan kegiatan peringatan hari ulang tahun Republik Indonesia ke 79  serta alhamdulillah saya bersyukur masih diberikan Kesehatan dan dikelilingi oleh orang orang yang luar biasa, memotivasi dan terus menyemangati saya. Saya juga sangat senang mempelajari bagaimana menyusun langkah -langkah pembelajaran yang menyelaraskan dengan karakteristik murid. Ada gambaran tindak lanjut seperti apa yang dapat diambil oleh saya sebagai bentuk tindakan yang mempertimbangkan kebutuhan belajar murid murid saya di sekolah.

  1. Pembelajaran yang saya dapatkan

Informasi dan pengetahuan, serta pengalaman baru akan diterima oleh saya sebagai calon guru penggerak pemimpin pembelajaran. Salah satu aplikasi nyata bagaimana seorang guru harus berpihak pada murid dalam mengintegrasikan pembelajaran berdiferensiasi terhadap pelaksanaan dan penilaian pembelajaran serta mau merefleksikan diri dan melakukan perbaikan pada pembeajaran berikutnya. Saya belajar bagaimana saya harus mengakomodir seluruh kebutuhan belajar murid dari kesiapan belajar, minat dan profil belajar murid.

  1. Penerapan pembelajaran berdiferensiasi di sekolah saya

Dalam menerapan modul 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi saya belajar untuk lebih memperhatikan kemampuan murid dalam aktivitas belajar yang sesuai dengan gaya belajar yang mereka dimiliki. Saya melakukan assessment awal pembelajaran dengan tujuan memetakan kebutuhan belajar murid, selanjutnya saya merancang tujuan pembelajaran yang sesuai dengan matteri dan gaya belajar mereka. Menggunakan strategi pembelajaran yang berpihak pada murid dan menggunakan media pembelajaran pembelajaran yang relevan dengan materi yang akan dipelajari Bersama didalam kelas.

Selain itu saya juga berkolaborasi dengan rekan sejawat dan mencoba untuk sharing kepada rekan sejawat tentang pembelajaran berdiferensiasi dengan harapan semua menjadi lebih memperhatikan minat dan profil belajar murid dalam melaksanakan aktivitas pembelajaran di sekolah saya. Melalui penerapan pembelajaran berdiferensiasi di sekolah besar harapan saya tentang berhasilnya tujuan pembelajaran yang ingin saya capai sehingga dapat menghantarkan murid murid saya menapai keberhasilan dan kebahagiaan yang setinggi tingginya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun