Mohon tunggu...
Lisa Silvya
Lisa Silvya Mohon Tunggu... Administrasi - Admin di PT. OTVIT indonesia

Saya hobi memasak

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Public Speaking dan Kepercayaan Diri #UASPSGEOFAKTA

10 Januari 2023   09:35 Diperbarui: 10 Januari 2023   09:50 126
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

UAS Public Speaking Dr. Geofakta Razali

Publick Speaking dan Kepercayaan diri

Assalamualaikum Wr. Wb
Haloo teman-teman kompasianers. Saya Lisa Silvya Dewi usia 22 tahun dan berkuliah di Institut STIAMI. Saya baru belajar bergabung di halaman kompasiana ini. Sebagai konten pertama saya, saya akan menuliskan essay mengenai publick speaking sebagai salah satu persyaratan UAS Publick Speaking saya di Semester 5 ini.  Dan saya harap konten saya dapat memberi pengetahuan tentang Publick Speaking dan kepercayaan diri ya. Kalian tau ga seberapa penting nya rasa kepercayaan diri. Memiliki rasa percaya diri sangat penting karena dapat mengurangi rasa takut khususnya saat melakukan interaksi sosial. Saat kita tidak percaya diri, kemampuan dalam diri kita akan terpendam dan tidak dapat kita ekspresikan. Yakinlah pada diri sendiri bahwa kita bisa melakukan hal-hal positif maka akan tumbuh rasa kepercayaan dalam diri.

Seperti yang saya alami sendiri sebelum nya saya memiliki kekurangan dalam diri saya yaitu gugup karena tidak percaya diri. Hal tersebut menjadikan saya terlalu gugup saat berbicara di depan orang banyak. Suara saya bergetar, jantung berdegup cukup kencang, bahkan tidak berani untuk menatap pendengar saya. Hal tersebut terjadi karena saya tidak percaya bahwa diri saya dapat melakukan hal tersebut. Sehingga saya kembali mengurungkan kemampuan saya sebagai pembawa acara. Saya sangat suka kegiatan tersebut, tetapi karena saya tidak percaya pada diri saya hal tersebut jadi tidak ter ekspresikan dengan baik.

Namun, setelah saya kenali diri saya, saya menjadi pribadi yang lebih yakin lagi atas apa yang saya lakukan. Perlahan rasa percaya diri saya mulai tumbuh. Saya memulai kembali proses belajar menjadi pembawa acara/Mc mulai dari acara acara di sekolah saya sendiri. Saya belajar menjadi seksi acara dan mc secara bersamaan. 

Saya terus berlatih dan semakin yakin pada diri saya bahwa saya bisa. Hingga akhirnya saya berhasil menjadi Mc di acara-acara sekolah saya. Saya selalu di panggil untuk menjadi pembawa acara di sekolah. Bahkan sampai saat saya sudah menginjak dunia kerja saya juga masih sering di panggil untuk menjadi MC di acara acara formal/informal. 

MC memang bukan pekerjaan utama saya, tapi saya sangat senang saat ada job untuk MC, karena saya sudah yakin pada diri saya bahwa saya dapat melakukan Publick Speaking, dan Publick speaking menurut saya adalah hal yang sangat menyenangkan. Hal tersebut sekarang pun terbawa sampai kedunia kerja saya sebagai Admin dan Maintenace Klien di salah satu perusahaan dimana publick speaking dan keberanian untuk berbicara sangat diperlukan.

Jadi menurut saya langkah utama untuk dapat berani publick speaking adalah percayalah pada diri sendiri bahwa kita dapat melalukan hal tersebut. #UASPSGEOFAKTA

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun