Mohon tunggu...
Lisa Rahmawati
Lisa Rahmawati Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Manajemen Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

Saya senang menulis

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Strategi Pemasaran UMKM "Salad Nyoo" di Era Digital

15 April 2023   08:31 Diperbarui: 15 April 2023   08:38 2108
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
logo Salad Nyoo diambil dari Website

UMKM adalah salah satu bagian penting dalam perekonomian Indonesia. Pada dasarnya UMKM adalah usaha yang dilakukan individu, kelompok, badan usaha kecil, maupun rumah tangga. salah satu usaha yang bertujuan untuk memajukan perekonomian Indonesia adalah UMKM Salad Nyoo. Salad Nyoo merupakan salah satu usaha yang bergerak di bidang kuliner dengan produk utamanya adalah salad. Salad Nyoo merupakan salah satu pelopor berbisnis salad buah yang berawal dari sebuah kosan. Salad Nyoo berdiri sejak Maret 2018 Pemiliknya bernama Yolanda Agatha berusia 24 Tahun berasal dari Kalimantan Tengah. Salah satu kunci awal kesuksesan usaha Salad Nyoo adalah keunikannya dibanding salad buah pada umumnya. Biasanya salad buah di Indonesia identik dengan cita rasa gurih yang kurang pas dengan lidah orang Indonesia. Berbeda dengan Salad Nyoo yang mempunyai saus manis dan Topping buah favorit orang Indonesia. Desain Packagingnya yang praktis, mewah dan instagramabel sehingga dapat menarik konsumen khususnya yang kekinian dan Hitz.

Strategi pemasaran di Era Digital atau biasa dikenal dengan digital marketing adalah strategi pemasaran yang dirancang untuk mengoptimalkan promosi produk dan layanan menggunakan teknologi online seperti komputer desktop dan perangkat seluler. Itu memanfaatkan saluran digital untuk menjangkau khalayak luas calon pelanggan, untuk terhubung dengan pelanggan yang sudah ada dengan cara baru dan membuat produk dan layanan dapat diakses melalui platform online.  

Memasuki Era Sekarang yang serba digital, UMKM Salad Nyoo Melakukan Kegiatan pemasaran melalui media Instagram salad.nyo, untuk menarik perhatian konsumen dan memancing rasa ingin tahu dan mencoba produk serta menanamkan brandding image yang kuat di mainside audiens dengan menjelaskan konsep dan ide suatu produk.  Dengan menggunakan sosial media seperti Instagram strategi pemasaran yang Salad Nyoo lakukan yaitu, seperti memberikan hadiah Giveaway uang, Voucher gratis dengan syarat post feed Instagram, secara tidak langsung konsumen ikut menyebar ulasan produk dari Salad Nyoo. memberikan promo buy 1 get 1 melalui pembelian ojek online grap dan gojek, dengan begitu mengarahkan konsumen untuk membeli online karena harga lebih murah dari pada pembelian secara langsung di stand.  Startegi Promo bundling juga dilakukan Salad Nyoo sesuai dengan target pasar dan momentum, seperti Salad Nyoo yang selalu membuat promo free takjil untuk driver Go Food untuk pemesanan di jam buka puasabdan promo bundling isi 4 cup salad buah di saat Bulan Ramadhan. dengan cara berikut ini akan lebih mudah untuk mempromosikan produk, membangun hubungan yang baik dengan konsumen, konsumen akan lebih mudah berintraksi melalui media sosial. 

diambil pribadi oleh penulis melalui Screenshoot di IG: @ salad.nyoo
diambil pribadi oleh penulis melalui Screenshoot di IG: @ salad.nyoo

Selain Pemasaran lewat media sosial Salad Nyoo juga melakukan Strategi untuk mendorong calon konsumen untuk mencoba dan membeli produk yang ditawarkan, dengan kegiatan yang diselenggarakan melibatkan dan mempertemukan secara langsung antara perusahaan atau retailer atau pembeli. Strategi ini dilakukan untuk memberikan kesempatan konsumen untuk bisa merasakan, memyentuh arau berintraksi  dan menggunakannya, seperti uji coba lewat SPG yang mendatangi konsumen dengan membawa salad, lewat event kegiatan menawarkan produk kepada calon konsumen, pameran launching produk di acara sobat ambyar semisal iklan disela-sela acara, menawarkan produk secara gratis ke sekolah, ketika membuka cabang baru bisa memberikan gratis 1 produk salad untuk 15 pelanggan pertama, dan memberikan handbill beserta contoh produk dan Adanya flash sale 70% untuk konsumen pembelian langsung di stand.

Seiring dengan perkembangan yang ada dan meningkatnya konsumen, usaha ini mulai melakukan inovasi usaha dengan membuka cabang di seluruh wilayah Yogyakarta, selain itu demi memenuhi permintaan konsumen yang begitu tinggi Salad Nyoo pun membuat beragam varian saus kekinian yang berupa sweet and sour, blackcharcoal, taro, reonis, galnis, dan avonis. Saat ini Salad Nyoo mempunyai beberapa produk berupa jus buah, smootes, dan buah potong, yang dimana produk tersebut selalu diinovasi dengan mengutamakan minat dari konsumen. 

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun