Mohon tunggu...
LIS WIJIHARSIWI
LIS WIJIHARSIWI Mohon Tunggu... Guru - guru

suka membaca

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Studi Kasus PPG Daljab

25 Februari 2024   15:42 Diperbarui: 25 Februari 2024   15:45 202
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

IMPLEMENTASI MODEL DISCOVERY LEARNING DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MEMAHAMI MATERI KELANGKAAN SEBAGAI PERMASALAHAN EKONOMI DI KELAS VII B SMP NEGERI 2 MASARAN

Disusun oleh: Lis Wiji Harsiwi

DESKRIPSI STUDI KASUS

Studi kasus ini mengungkapkan tentang kurangnya kemampuan peserta didik   dalam memahami materi kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi di kelas VII B SMP Negeri 2 Masaran, Sragen. Sebanyak 75% peserta didik belum memahami materi kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi.  Oleh karena itu penulis mencoba mencari solusi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memahami materi kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi

ANALISIS SITUASI

Sebelum dilakukan kegiatan PPL pada siklus II  dan berdasarkan hasil pengamatan  di kelas VII B, guru dalam penyampaian materi  kurang menarik karena tidak menggunakan media pembelajaran yang sesuai karakteristik peserta didik, sehingga peserta didik kurang memahami materi kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi. Pada saat itu peranan penulis sebagai guru pengajar di kelas tersebut

Adapun tantangan yang dihadapi saat itu adalah bagaimana memilih model pembelajaran, metode, materi ajar, media pembelajaran dan instrumen penilaian agar dapat melaksanakan pembelajaran dengan baik. Selain itu hambatan teknis yang perlu diantisipasi adalah menstabilkan signal internet dan ketersediaan listrik yang digunakan dalam pembelajaran. Apalagi saat itu sering hujan deras dan angin kencang yang mempengaruhi signal internet.

ALTERNATIF SOLUSI

Untuk mengatasi permaslahan diatas, maka penulis melakukan eksporasi alternatif solusi permasalahan. Berdasarkan hasil kajian sumber daya seperti literatur dan wawancara dengan nara sumber maka diputuskan untuk menggunakan model pembelajaran discovery learning. Materi yang disampaikan pada pembelajaran tersebut sudah di adaptasi, modifikasi, serta dilakukan inovasi sehingga peseta didik dapat memahami materi dengan mudah.

EVALUASI

Setelah dilakukan praktek PPL menggunakan model pembelajaran discovery learning, maka kemampuan peserta didik dalam memahami materi kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi meningkat. Dari 75% peserta didik yang belum memahami materi kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi tersebut turun hingga bersisa 10% saja. Kemudian dampak dari pembelajaran tersebut menjadikan pembelajaran itu lebih menarik. Peserta didik yang sebelumnya kurang memahami materi kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi menjadi lebih memahami materi kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun